Pelajar Diajar Waspada Bencana, BPBD Karangasem Gelar Simulasi Interaktif

BPBD Karangasem dan BMKG bekerjasama dengan instansi terkait menggelar sosialisasi & simulasi mitigasi bencana "Goes To School" berbasis interaktif

Pelajar Diajar Waspada Bencana, BPBD Karangasem Gelar Simulasi Interaktif
Tribun Bali/Saiful Rohim
SOSIALISASI - BPBD bersama BMKG dan instansi terkait berfoto bareng setelah menggelar sosialisasi dan mitigasi berbasis intraktif, Rabu (25/9/2019). Pelajar Diajar Waspada Bencana, BPBD Karangasem Gelar Simulasi Interaktif 

Pelajar Diajar Waspada Bencana, BPBD Karangasem Gelar Simulasi Interaktif

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - BPBD Karangasem bersama BMKG bekerjasama dengan instansi terkait menggelar sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana "Goes To School" berbasis interaktif, di Lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Karangasem, Bali, Rabu (25/9/2019).

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian menyambut hari kesiapsiagaan nasional.

Kegiatan dikemas dengan model permainan, serta disisipi pesan-pesan kebencanaan kepada siswa.

"Selama ini kan sosialisasi dan simulasi hanya menyampaikan materi, lalu simulasi. Sekarang kita kemas, ini model pertama, dengan permainan. Ada permainan ular tangga, peredik, serta disisipi pesan kebencanaan. Cluster-nya beda-beda. Ada anak-anak TK, SD, SMP, dan SMA," katanya.

Mantan Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem ini mengaku, kegiatan sosialisasi dan simulasi berbasis intraktif sangat efektif.

Anak sekolah memahami betul tentang bencana, dampaknya, serta ancaman.

Kegiatan ini tepat sasaran.

Anak-anak mengikuti dan mencerna dengan baik.

"Permainan yang disuguhkan tak hanya sekadar berjalan seperti main ular tangga. Titik titik kotak yang dihitung ada pertanyaan. Semisalnya ada gunung berapi di Bali dan lainnya. Kegiatan ini untuk kesiapsiagan warga, khususnya siswa," imbuh Arimbawa.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved