Bupati dan Wabup Badung Mulang Dasar di Pura Dalem Batur Abianbase, Komitmen Ringankan Beban Warga

Serangkaian pembangunan Pura Dalem Batur, Bupati dan wakil bupati Badung menghadiri upacara dan mulang dasar (peletakan batu pertama)

Bupati dan Wabup Badung Mulang Dasar di Pura Dalem Batur Abianbase, Komitmen Ringankan Beban Warga
Humas Pemkab Badung
Bupati Giri Prasta besama Wabup Suiasa menghadiri upacara dan mulang dasar Pura Dalem Batur, Banjar Cica, Desa Adat Abianbase, Kecamatan Mengwi, Rabu (25/9/2019) lalu. Bupati dan Wabup Badung Mulang Dasar di Pura Dalem Batur Abianbase, Komitmen Ringankan Beban Warga 

Bupati dan Wabup Badung Mulang Dasar di Pura Dalem Batur Abianbase, Komitmen Ringankan Beban Warga

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Serangkaian pembangunan Pura Dalem Batur, Banjar Cica, Desa Adat Abianbase, Kecamatan Mengwi, Badung, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta besama Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Rabu (25/9/2019) lalu, hadir untuk menghadiri upacara dan mulang dasar (peletakan batu pertama).

Upacara ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta sekaligus Bendesa Adat Abianbase, Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, beserta Tripika Kecamatan, Lurah Abianbase Dewa Rai Wijana, Bendesa Adat Semate, pengempon Pura Batur Puri Muncan dan Puri Gelegendong Denpasar, beserta tokoh masyarakat setempat.

Seusai mendem dasar oleh Bupati Badung Giri Prasta, Wabup Suiasa serta Wakil Ketua DPRD Made Sunarta, dilakukan penyerahan dana hibah Pura Dalem Batur sebesar Rp 640 juta, Pura Hyang Api sebesar Rp 470 juta, Banjar Sengguan Abianbase sebesar Rp 2 Miliar, yang disaksikan oleh seluruh masyarakat Desa Adat Abianbase.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta mengatakan, penyerahan hibah ke masyarakat ini merupakan salah satu implementasi dari program Pemerintah Kabupaten Badung untuk meringankan beban masyarakat.

“Kami Pemkab Badung memberikan bantuan hibah kepada pengempon Pura Dalem Batur beserta Pura Hyang Api termasuk Banjar Sengguan Abianbase dengan keseluruhan dana hibah sebesar Rp 3 miliar. Dengan bantuan ini kami ingin memberikan serta meringankan beban masyarakat yang berkenaan dengan kebutuhan komunalnya, seperti peson-peson berupa pembangunan pura, pujawali, balai banjar, gong, wantilan dan yang lainnya. Sehingga masyarakat kami tidak lagi mengeluarkan dana untuk itu, dengan harapan dana yang seharusnya dikeluarkan bisa dikelola oleh rumah tangganya sendiri, astungkara perekonomian menjadi naik dan kemiskinan menjadi nol persen,” kata Giri Prasta.

Sementara itu Ketua Penyarikan Pura, I Made Gunawan atas nama Warga Desa Adat Abianbase mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah membantu meringankan beban masyarakat khususnya di Desa Adat Abianbase.

Bantuan dana hibah yang diberikan akan dimanfaatkan untuk memperbaiki Pura Dalem Batur Banjar Cica, Desa Adat Abianbase sebesar Rp 640 juta, berupa perbaikan tembok penyengker, Candi Bentar, Taman Beji.

Selain itu juga mendapat bantuan hibah untuk memperbaiki Pura Hyang Api sebesar Rp 470 juta untuk perbaikan tembok penyengker, kori agung dan apit surang, serta dana hibah untuk Banjar Sengguan Abianbase sebesar Rp 2 miliar,” terangnya.

(*)

Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved