Omzetnya Capai Puluhan Juta, Komang Sukarsana Pilih Jadi Pengusaha Kopi Ketimbang PNS

Komang Sukarsana memupuskan impiannya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan lebih memilih menjadi pengusaha kopi

Omzetnya Capai Puluhan Juta, Komang Sukarsana Pilih Jadi Pengusaha Kopi Ketimbang PNS
Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Owner Bali Arabica Kintamani Coffee, I Komang Sukarsana. Omzetnya Capai Puluhan Juta, Komang Sukarsana Pilih Jadi Pengusaha Kopi Ketimbang PNS 

Omzetnya Capai Puluhan Juta, Komang Sukarsana Pilih Jadi Pengusaha Kopi Ketimbang PNS

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Owner Bali Arabica Kintamani Coffee, I Komang Sukarsana memupuskan impiannya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pemuda asal Kintamani ini lebih memilih menjadi pengusaha kopi.

“Pada tahun 2012, saya mencoba mencari peruntungan di dunia kopi. Keinginan datang ketika harapan menjadi PNS pupus dan sulitnya mencari pekerjaan di kota, sehingga memutuskan balik ke kampung halaman di Kintamani, tepatnya pinggiran Danau Batur,” ujarnya pada Tribun Bali, Kamis (26//9/2019).

Berbekal hobi dan tumbuh besar di kalangan keluarga petani, ada tekad dan keinginan mengubah kesan petani yang identik dengan kemiskinan.

“Tentu untuk mencapai itu, kita harus menjadi petani keren. Petani yang melek teknologi dan berjiwa enterpreneur,” katanya.

Tepat pada 2013, ketika Pemda Bangli mengadakan lomba penciptaan wirausaha muda pemula berbasis teknologi (technopreneur) kerja sama dengan Kemenpora, BPPT dan Bank  Indonesia, membuatnya tertarik mengikuti seleksi.

“Ide bisnis pengembangan Kopi Kintamani yang saya tawarkan lolos dan dipilih menjadi finalis terbaik dan mendapatkan dana stimulus Rp 10.000.000. Dana tersebut saya belikan mesin sangrai kopi,” sebutnya.

Peluang usaha kopi dilihatnya sangat potensial.

“Kopi menjadi tren baru di kalangan anak muda. Konsumsi kopi terus meningkat di dalam negeri. Cafe, coffee shop, roaster menjamur di kota-kota besar dan daerah pariwisata. Kopi Kintamani Bali adalah potensi yang mulai diperbincangkan dunia internasional,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved