Wujudkan Bali Bersih, Masyarakat Tabanan Dukung Gerakan #KurangiResiko

Puluhan anak muda terlihat memungut sampah putung rokok dan sampah plastik di areal taman Garuda Wisnu Serasi, Tabanan, Sabtu (28/9).

Wujudkan Bali Bersih, Masyarakat Tabanan Dukung Gerakan #KurangiResiko
dok/Tribun Bali
komunitas Malu Dong bersama kaum millenial menggelar aksi bersih-bersih sampah di taman Garuda Wisnu Serasi, Tabanan, Sabtu (28/9/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN-- Puluhan anak muda terlihat memungut sampah putung rokok dan sampah plastik di areal taman Garuda Wisnu Serasi, Tabanan, Sabtu (28/9).

Para kaum millenial yang tergabung dalam Komunitas Malu Dong ini menggandeng beberapa seka teruna-teruni untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap bersih.

Gerakan sosial bertajuk #KurangiResiko konsisten dijalankan untuk turut berkontribusi dalam memberikan solusi bagi isu lingkungan dan kesehatan di Bali.

Rudolf Dethu, salah satu Koordinator Malu Dong mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan #KurangiResiko yang sudah dimulai sejak Mei.

Gerakan kurangi resiko itu salah satunya adalah memasang asbak besar di kawasan publik atau tempat terbuka dan memberi tempat untuk smoking area.

" Untuk saat ini kita ada di lima titik penempatan asbak yang berbeda, salah satunya disini di Gedung Mario, di Gedung DPRD, dan ada satu lagi di Gedung Bupati. Dan yang dua lagi sedang ditentukan oleh teman teman disini", Katanya.

Menurutnya hadirnya asbak raksasa ini untuk mengurangi risiko sampah yang menimbun, mengurangi polusi asap dan juga disaat yang sama mengurangi kotoran puntung rokok.

"Jadi orang bisa merokok di tempat tersebut dengan baik, asbaknya proper gitu, kalau kamu mau merokok kita lokalisir silahkan merokok disini , di smoking area, di tempat umum karena karena di tempat publik itu lebih cenderung sering kita lihat puntung rokok berserakan.

Kita kasih tempat seperti ini diharapkan orang bisa berinisiatif untuk merokok di spot tersebut. Nah itu sudah kita lakukan di pantai sanur, memasang di sepanjang pantai mertasari sampai segare, lalu di besakih, sekarang di Tabanan", Ungkapnya.

Dia merasa senang dengan sambutan kaum millenial yang sangat tinggi terhadap gerakan #KurangiResiko

Halaman
123
Penulis: Rizal Fanany
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved