Ancaman Ngurug Sungai karena Tak Dapat PHR, Akademisi Unud Nilai Bupati Made Gianyar Tak Bijaksana

Ancaman Ngurug Sungai karena Tak Dapat PHR, Akademisi Unud Nilai Bupati Made Gianyar Tak Bijaksana

Ancaman Ngurug Sungai karena Tak Dapat PHR, Akademisi Unud Nilai Bupati Made Gianyar Tak Bijaksana
TRIBUN BALI/MUHAMMAD FREDEY MERCURY
Bupati Bangli, I Made Gianyar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bupati Bangli I Made Gianyar yang mengancam akan mengurug sungai lantaran tak lagi mendapatkan bagian Pajak Hotel dan Restoran (PHR) menuai kecaman dari akademisi Universitas Udayana (Unud).

Peneliti Pusat Unggulan Pariwisata Unud I Made Sarjana menilai, ancaman Bupati I Made Gianyar tersebut tidak bijaksana, selain tidak tepat juga sekaligus mendidik masyarakat Bangli menjadi ketergantungan.

Dengan tindakan Bupati I Made Gianyar itu, kata Sarjana, seakan Kabupaten Bangli hanya bisa mengemis ke daerah lain dan kurang kreatif dalam mengelola potensi wilayahnya.

"Masyarakat Bangli sepatutnya dididik mandiri guna meningkatkan kapasitas diri agar bisa berkiprah disektor pariwisata," kata Sarjana kepada Tribun Bali, Senin (30/9/2019).

Sarjana yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Bangli itu menilai bahwa kabupaten yang berada di tengah-tengah Pulau Bali itu bisa berkembang menjadi daerah pariwisata yakni dengan mengembangkan agrowisata.

Terlebih Bangli memang tidak diperkenankan membangun akomodasi dalam skala besar seperti di Denpasar dan Nusa Dua.

Kondisi ini bisa disiasati dengan upaya "menyulap" rumah-rumah penduduk menjadi sarana pendukung agrowisata.

Bagi Sarjana, tidur di rumah-rumah penduduk diareal pertanian menjadi pengalaman unik dan mewah dicari wisatawan yang ingin berinteraksi langsung dengan alam.

Selain itu, masyarakat juga perlu dibekali wawasan dan keterampilan dalam melayani wisatawan, terutama dalam penguasaan Bahasa Inggris dan menjaga kebersihan lingkungan.

Jika bupati mengajak membuang sampah ke sungai sangat kontra produktif dengan kebijakan pemimpin Bali menjaga kelestarian lingkungan dengan berbagai upaya seperti pengurangan sampah plastik.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved