Bus Berpenumpang 69 Orang vs Truk, 36 Orang Tewas di Jalan Tol

Sedikitnya 36 orang tewas dan 36 lainnya cedera, setelah sebuah bus yang penuh dengan penumpang terlibat kecelakaan dengan truk di China,

Bus Berpenumpang 69 Orang vs Truk, 36 Orang Tewas di Jalan Tol
tribunnews
ilustrasi: Sedikitnya 36 orang tewas dan 36 lainnya cedera, setelah sebuah bus yang penuh dengan penumpang terlibat kecelakaan dengan truk di China, 

Bus Berpenumpang 69 Orang vs Truk, 36 Orang Tewas di Jalan Tol

Kecelakaan tersebut sempat membuat lalu lintas macet dan jalan tol yang menghubungkan Changchun dengan Shenzhen itu sempat ditutup. Jalan tol kembali dibuka delapan jam setelah kecelakaan, setelah operasi penyelamatan dan evakuasi korban selesai.

TRIBUN-BALI.COM, YIXING - Sedikitnya 36 orang tewas dan 36 lainnya cedera, setelah sebuah bus yang penuh dengan penumpang terlibat kecelakaan dengan truk di China, Sabtu (28/9/2019) pagi.

Bus nahas tersebut membawa 69 penumpang, yang merupakan kapasitas maksimumnya.

Bus bertabrakan dengan truk barang saat keluar jalur dan masuk ke jalur yang berlawanan arah di jalan tol di provinsi Jiangsu, menurut biro keamanan publik kota Yixing.

"Penyelidikan awal menunjukkan bahwa kecelakaan terjadi akibat ban kempes di roda depan kiri bus," kata biro tersebut dalam pernyataannya, Minggu (29/9/2019).

Mbah Sadinah Kelaparan dan Tak Punya Uang, Akhirnya Jual 3 Sendok demi Bisa Makan

Tak Sanggup Lagi Berjuang, Satia Putra Bocah 110 Kg Itu Telah Berpulang

Makin Kedinginan di Puncak Klasemen Liga 1, Coach Teco Belum Percaya Diri Bicara Peluang Juara

Ini Status Gede Sukadana Usai Laga Panas Bali United vs Kalteng Putra

Mengutip AFP, sebanyak sembilan orang korban mengalami luka parah, sementara 26 lainnya luka ringan dan satu korban luka telah diizinkan pulang.

Kecelakaan tersebut sempat membuat lalu lintas macet dan jalan tol yang menghubungkan Changchun dengan Shenzhen itu sempat ditutup.

Jalan tol kembali dibuka delapan jam setelah kecelakaan, setelah operasi penyelamatan dan evakuasi korban selesai.

Kecelakaan lalu lintas yang mematikan dengan jumlah korban tewas tinggi sering terjadi di China, di mana peraturan lalu lintas kerap dilanggar dan tanpa penindakan keras.

Menurut catatan pihak berwenang, sebanyak 58.000 orang telah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh penjuru China pada 2015, angka terkini yang tersedia.

Pelanggaran peraturan lalu lintas disebut menjadi penyebab untuk hampir 90 persen jumlah kecelakaan yang menyebabkan kematian maupun korban cedera pada tahun itu. (*)

Artikel ini ditulis Agni Vidya Perdana telah tayang di Kompas.com

Editor: Rizki Laelani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved