18 Ekor Penyu Diambil Sample Untuk Tes DNA, Begini Penjelasannya

18 ekor penyu yang diamankan Polsek Kuta sebagai barang bukti kecelakaan lalu lintas truk Senin kemarin kini masih dalam perawatan di TCEC

18 Ekor Penyu Diambil Sample Untuk Tes DNA, Begini Penjelasannya
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Volunteer dari TCEC dan Turtle Guard FKH Unud melakukan pemeriksaan terhadap 18 ekor penyu.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin) 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - 18 ekor penyu yang diamankan Polsek Kuta sebagai barang bukti kecelakaan lalu lintas truk Senin kemarin kini masih dalam perawatan di TCEC (Turtle Concervation and Education Centre) Serangan.

Turtle Guard FKH Unud melakukan tagging atau pelabelan nama, pengukuran panjang dan lebar hingga berat badan (morfometri), 

Selain itu juga dilakukan pengambilan sample darah, parasit yang ada penyu dan feses sama jaringannya.

“Secara sekilas melihat karena belum kita pantau secara darahnya atau secara parasit dan lain-lain. Sekilas menurut saya cukup bagus dengan kondisi body condition score atau kondisi badannya juga gemuk-gemuk. Selain itu rata-rata adalah dewasa ukuran dewasa atau produktif,” ungkap Aidil Calvianto selaku anggota Turtle Guard FKH Unud, Rabu (2/10/2019) sore.

Aidil menambahkan ke-18 penyu tersebut merupakan jenis penyu hijau dan sekilas terdapat penyu jantan satu ekor.

Dimana pengambilan sample DNA ini dilakukan atas arahan dari BPSPL Denpasar.

Dan mengenai tujuan pengambilan sample DNA ini Aidil menyampaikan hal tersebut guna mendapatkan hasil asal-usul penyu tersebut.

“Dari sampel itu kita selanjutnya mungkin kita akan dapatkan dan diketahui asal usulnya dari mana. Biasanya dapat disimpulkan apakah penyu daru Kalimantan atau Surabaya,” imbuhnya.

Kemudian bisa didapatkan juga sindikat jual beli penyu tersebut dan ini kasus kedua dimana penyu dititipkan ke TCEC.

Sebelumnya pengungkapan kasus di Gianyar yang setelah mendapatkan perawatan baru dirilis ke habitatnya waktu di Pantai Kuta.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved