Gubernur Bali Usulkan Hibah Dewan Dikurangi Rp 1 M, Begini Respon DPRD 

Gubernur Bali, Wayan Koster meminta anggota DPRD Bali bersedia dikurangi dana hibahnya untuk digunakan membiayai program prioritas

Gubernur Bali Usulkan Hibah Dewan Dikurangi Rp 1 M, Begini Respon DPRD 
Tribun Bali/Rizal Fanany
Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Bali di Gedung Rapat Utama Kantor DPRD Bali, Denpasar, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Gubernur Bali, Wayan Koster meminta anggota DPRD Bali bersedia dikurangi dana hibahnya untuk digunakan membiayai program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali. Nilai pengurangan di kisaran Rp 1 miliar.

Koster juga menolak usulan anggota dewan membangun gedung baru.

Gubernur Bali, Wayan Koster memohon kepada anggota DPRD Bali agar bersedia dikurangi dana hibahnya untuk kemudian digunakan membiayai program-program prioritas Pemprov Bali.

“Karena itu, saya mohon kepada pimpinan dan anggota dewan agar anggaran alokasi hibahnya mulai dikurangi tahun 2020, ini demi cita-cita bersama  mewujudkan Bali yang  betul-betul sesuai dengan kebutuhan dasar masyarakat Bali,” kata Koster dalam pidatonya saat pelantikan pimpinan DPRD Bali, di ruang rapat utama Kantor DPRD Bali, Selasa (1/10).

Koster mengaku sudah membicarakan hal itu pada Fraksi PDIP agar jangan terlalu banyak meminta hibah, karena Bali memerlukan infrastruktur, melaksanakan program perlindungan kawasan suci Besakih, Pusat Kebudayaan Bali dan sebagainya.

“Sudah dihitung, sekarang kan Rp 4 miliar, nanti kita hitunglah berapa, yang jelas turun. Ya, tiga (Rp 3 miliar) lah kira-kira, karena ada kebutuhan mendesak untuk penyediaan lahan di Pura Besakih, pembangunan Pusat Kebudayaan Bali,” ujarnya.

Pemprov Bali kini sedang mendesain postur APBD Bali agar betul-betul efektif dan efisien.

“Saya bersama Pak Sekda telah mengevaluasi belanja rutin, yang selama ini sifatnya hanya rutinitas dan kurang produktif,” akunya.

Setelah dilakukan penghitungan, ditemukan pada APBD Perubahan 2019 angka efisiennya mencapai Rp 60 miliar.

Selanjutnya pada APBD induk 2020 angkanya bisa mendapat efisiensi sampai Rp 106 miliar.

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved