Perempuan Indonesia Unjuk Gigi di Parlemen, dari Anggota Termuda hingga Ketua DPR

Dari 575 orang tersebut, terdapat 118 perempuan yang melenggang ke Senayan

Perempuan Indonesia Unjuk Gigi di Parlemen, dari Anggota Termuda hingga Ketua DPR
Tribunnews/Jeprima
Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 yang ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Pada rapat tersebut sekaligus menentukan ketua dan wakil ketua DPR RI diantaranya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI. Tribunnews/Jeprima 

Kaum Perempuan Unjuk Gigi di Parlemen, dari Anggota Termuda hingga Ketua DPR

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 telah selesai dilaksanakan.

Dalam Pemilu Legislatif 2019, tercatat 575 anggota DPR yang lolos dan dilantik.

Dari 575 orang tersebut, terdapat 118 perempuan yang melenggang ke Senayan. Jumlah ini meningkat dibandingkan hasil Pemilu 2014 silam yang hanya menempatkan 97 anggota DPR perempuan.

Tak hanya itu saja, peningkatan tersebut terasa lebih spesial karena ada dua perempuan yang mampu mencatatkan diri sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR dan satunya lagi dilabeli anggota DPR termuda.

Puan Maharani, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dilantik menjadi Ketua DPR yang baru untuk masa bakti 2019-2024 pada Selasa (1/10/2019) malam.

Puan maju di Daerah Pemilihan (Dapil V) Jawa Tengah memperoleh 404.034 suara. Sebelum menjabat sebagai Ketua DPR yang baru, Puan pernah menduduki kursi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) pada era Presiden Joko Widodo.

Sebelum dilantik, anak mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini mengatakan akan mencetak sejarah karena menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR.

"Yang pasti nantinya ini akan pecah telur baru ada perempuan pertama setelah 74 tahun ketua DPR," kata Puan seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/10/2019).

Selain itu, Puan akan berusaha mengubah citra DPR. "Ya tentu insyaallah nanti saya baru bisa menyampaikan hal tersebut (strategi) kalau sudah dilantik sebagai ketua DPR. Namun terkait hal-hal tersebut pun saya harus rembukan dulu dengan pimpinan yang baru secara internal," kata Puan.

BREAKING NEWS! Resmi Laga PSIS Semarang vs Bali United Ditunda, Baru Digelar Tanggal Ini

Balada Perselingkuhan Bidan & Dokter Spesialis di Mojokerto, Kena Gerebek & Terbongkar Suami

Halaman
12
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved