Pemprov Tak Berwenang Salurkan PHR, Insentif untuk Bangli Mulai 2020

Harapan Bupati Bangli, I Made Gianyar agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali kembali menyalurkan pembagian dana Pajak Hotel Restoran (PHR) pupus

Pemprov Tak Berwenang Salurkan PHR, Insentif untuk Bangli Mulai 2020
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
DI BANGLI - Gubernur I Wayan Koster bicara saat peresmian Unit Pelayanan Kesehatan Tradisional di RSUD Bangli, Rabu (2/10/2019). Pemprov Tak Berwenang Salurkan PHR, Insentif untuk Bangli Mulai 2020 

Pemprov Tak Berwenang Salurkan PHR, Insentif untuk Bangli Mulai 2020

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Harapan Bupati Bangli, I Made Gianyar agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali kembali menyalurkan pembagian dana Pajak Hotel Restoran (PHR) pupus. 

Gubernur Bali, I Wayan Koster menegaskan, Pemprov Bali tidak memiliki kewenangan untuk itu.

Saat ditemui di Bangli, Rabu (2/10/2019), Gubernur Koster mengatakan, pengelolaan PHR merupakan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

“Jadi, dasar untuk narik ke provinsi nggak ada, regulasinya nggak ada. Yang selama ini ada hanyalah kesepakatan. Dan kesepakatan itu lemah. Satu saja nggak sepakat, ya tidak akan jadi. Saya juga merasa tidak nyaman jika menjalankan suatu kebijakan dengan kesepakatan tanpa dipayungi regulasi. Itu juga tidak baik,” katanya.

Menurut Koster, apa yang telah dijalankan selama ini sudah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hanya, menurut gubernur, Kabupaten Bangli harus mendapat perhatian khusus.

Sebab Bangli merupakan wilayah pegunungan yang memiliki aneka tanaman, gunung, danau dan sungai.

Wilayah ini memiliki banyak sumber air yang mengalir ke sejumlah kabupaten seperti Buleleng, Gianyar, Klungkung, Denpasar hingga Kabupaten Badung.

“Sumber air ini mengalir ke berbagai wilayah kabupaten/kota di Bali dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk minum, cuci, mandi hingga pengairan.  Karenanya semenjak maju sebagai gubernur, saya memikirkan harus ada kebijakan untuk memberikan insentif kepada daerah yang menghasilkan air seperti Bangli ini. itu harus," kata Koster.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved