Biaya Operasional Diefisienkan, Perampingan Organisasi Perangkat Daerah Berlaku 2 Januari 2020

"Misalnya Dinas Peternakan hilang, program-program peternakan kan tidak bisa hilang, cuman dia bergabung ke Dinas Pertanian" ujar Dewa Indra

Biaya Operasional Diefisienkan, Perampingan Organisasi Perangkat Daerah Berlaku 2 Januari 2020
Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra (tengah) saat meninjau pameran tanaman dalam Festival Agribisnis Bali tahun 2019, di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Kamis (3/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR-Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengatakan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bali akan mulai diberlakukan tanggal  2 Januari 2020 mendatang.

Karena itu kini Pemprov Bali sedang melakukan konsolidasi-konsolidasi terkait rencana penggabungan beberapa OPD tersebut.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ada beberapa OPD yang akan digabung, namun walaupun digabung bukan berarti hilang sepenuhnya. 

“OPDnya boleh hilang, tetapi tugas dan fungsinya tidak boleh hilang. Karena itu dia harus masuk ke OPD di mana dia akan bergabung,” kata Dewa Indra saat ditemui usai membuka Festival Agribisnis di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Kamis (3/10/2019).

Bangun Hotel di Bali Hasil Ngemplang Pajak Rp 200 M, Hotel Pengusaha Gaek asal Surabaya Ini Disita

Jual-Beli Produk Pertanian, 7 Kelompok Tani Tandatangani MoU dengan Perusahaan

Setelah tugas dan fungsinya masuk ke OPD yang lain, maka program dan kegiatannya juga harus bergabung. Begitu juga dengan anggarannya juga dapat digabung.

“Saat ini sedang dilakukan konsolidasi mengenai hal itu,” ujarnya.

Berikutnya, juga sedang dilakukan konsolidasi terhadap sarana kerja bagi OPD-OPD yang bergabung ini, termasuk juga pembentukan OPD yang baru.

Pihaknya sedang merancang di mana gedung 2 OPD yang baru itu akan ditempatkan. Selain itu, sarana kerjanya juga harus disiapkan.

Berikutnya berkaitan dengan personel. Setelah OPD digabung, maka akan ada jabatan yang hilang, dan ada juga jabatan yang baru.

Kronologi Atlet Rugby Buleleng Tewas Kecelakaan, Bercanda di Grup WA & Ungkap Firasat Terakhir Ini

Terima Laporan Dugaan Adanya Pungutan Biaya Pendidikan, ORI Bali Datangi SMPN 10 Denpasar

“Maka ini harus disiapkan dari sekarang personalia yang akan mengisi struktur baru itu. Jadi ini butuh waktu, dan saya sudah mengkoordinasikannya karena itu memang tugas Sekretaris Daerah,” tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved