Jual-Beli Produk Pertanian, 7 Kelompok Tani Tandatangani MoU dengan Perusahaan

Festival ini bertujuan untuk memfasilitasi pemasaran produk petani lokal Bali dengan cara men-display produk unggulan dari berbagai daerah.

Jual-Beli Produk Pertanian, 7 Kelompok Tani Tandatangani MoU dengan Perusahaan
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuwardana menyaksikan penandatanganan MoU antara kelompok tani dengan perusahaan pada Festival Agribisnis 2019 di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Denpasar, Kamis (3/10/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebanyak tujuh kelompok tani di Bali melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan perusahaan.

Tujuh kelompok tani itu di antaranya Sub Terminal Agribisnis (STA) Sari Buah, Desa Padangan Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan dengan Tiara Dewata; Kelompok Tani Mega Farm dengan Kartika Plaza Hotel; dan Subak Abian Wanasari Kenjung dengan Mangsi Coffee.

Ada juga Unit Pengolahan Hasil (UPH) Sari Bumi dengan Hotel Best Western Premiere; Kelompok Tani Dana Sari dengan PT Indomarco Prismatama, Kelompok Manggis Giri Sari dengan PT Bali Organik Subak (BOS); dan Bali Gemitir dengan Balai Riset Budidaya Ikan Hias.

Pemandangan MoU dalam acara Festival Agribisnis 2019, Kamis (3/10/2019) ini sebagai bukti bahwa kedua belah pihak bekerja sama dalam jual-beli produk pertanian.

Kronologi Atlet Rugby Buleleng Tewas Kecelakaan, Bercanda di Grup WA & Ungkap Firasat Terakhir Ini

Didominasi Komunitas Kopi, 10 Kelompok Tani di Bali Terima Sertifikat Organik

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuwardana mengatakan, penandatanganan MoU ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 99 Tahun 2018 Tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Dirinya mengklaim, semenjak diterbitkan regulasi tersebut, sudah ada sebanyak 50 perusahaan yang berMoU dengan para petani.

"Tentu ukurannya semakin banyak kelompok yang berMoU dengan hotel, restoran, katering, swalayan akan semakin bagus. Terus akan kita dorong sebanyak-banyaknya," kata dia.

Sementara untuk Festival Agribisnis 2019 kali dilaksanakan selama empat hari hingga 6 Oktober mendatang.

Festival ini bertujuan untuk memfasilitasi pemasaran produk petani lokal Bali dengan cara men-display produk unggulan dari berbagai daerah.

Terima Laporan Dugaan Adanya Pungutan Biaya Pendidikan, ORI Bali Datangi SMPN 10 Denpasar

Bule Italia Suami Ke-5 Terungkap, Ini Pengakuan Elza Syarief

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved