Perwakilan Raja Se-Nusantara Sambangi Museum Gunarsa, Saksikan Secara Langsung Benda Seni Bersejarah

Anggota Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) menyambangi Museum Gunarsa, di Dusun Banda, Desa Takmung, Klungkung, Kamis (4/10/2019).

Perwakilan Raja Se-Nusantara Sambangi Museum Gunarsa, Saksikan Secara Langsung Benda Seni Bersejarah
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Anggota Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) menyambangi Museum Gunarsa, di Dusun Banda, Desa Takmung, Klungkung, Kamis (4/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Anggota Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) menyambangi Museum Gunarsa, di Dusun Banda, Desa Takmung, Klungkung, Kamis (4/10/2019).

Kehadiran mereka untuk menyaksikan secara langsung benda-benda kesenian bersejarah dari berbagai daerah, yang menjadi jati diri kebudayaan bangsa.

Termasuk berdialog terkait dinamika sosial di Indonesia saat ini.

Rombongan yang dipimpin Kanjeng Pangeran Edi Wirabumi dari Keraton Solo ini, sempat menghadiri upacara Yadnya di Puri Denpasar, sebelum menyambangi Museum Gunarsa.

Sesampainya di Museum Gunarsa, rombongan ini diterima langsung Nyonya Indrawati Gunarsa dan sempat berkeliling di Museum seluas 5 hektare tersebut.

"Kami apresiasi keberadaan museum ini, telah memberikan tempat bagi kebudayaan bangsa," ungkap Edi Wirabumi.

Tertawa Saat Sedih, Kondisi pada Karakter Joker Ternyata Bukan Fiksi

55 Plang Jalan di Denpasar Akan Gunakan Aksara Bali

Selain silaturahmi, kegiatan ini juga dimanfaatkan bagi setiap perwakilan kerajaan se-Nusantara, untuk berdialog untuk menyikapi kondisi dinamika sosial di Indonesia saat ini.

"Kami di Bali saling berdialog, terkait kondisi Indonesia yang saat ini sedang berdinamika. Masing-masing boleh berbeda pendapat, tapi kami tetap sepakat dan tidak pernah ragu untuk tetap menunjungi tinggi Pancasila sebagai tonggak dasar berdirinya bangsa ini," jelas Edi Wirabumi.

Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) beranggotakan 59 kerajaan dari seluruh Nusantara, yang adat dan serta tradisinya masih eksis hingga saat ini.

Tuntutan Program Prioritas Tinggi, Dewan Bangli Pesimis Ada Program Baru Tahun 2020

Kisah Para Pengusaha Sukses, Raup Untung dari Modal Tak Seberapa

Sementara pengelola Museum Gunarsa, Indrawati mengungkapan, pihaknya merasa bangga dengan kunjungan dari MAKN tersebut.

Terlebih, istri dari almahum Gunarsa ini meneruskan cita-cita semangat Wayan Gunarsa untuk menjaga kebudayaan nusantara. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved