Drone CH-4 Rainbow Asal China Jadi Alutsista Pembeda di HUT TNI ke-74, Hadi: Sudah Tembakan Rudal

Dalam HUT TNI ke-74 yang turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, TNI kembali menghadirkan drone kombatan berteknologi canggih atau UCAV CH-4 Rainbow

Drone CH-4 Rainbow Asal China Jadi Alutsista Pembeda di HUT TNI ke-74, Hadi: Sudah Tembakan Rudal
Dok/Wikipedia
(ilustrasi) Drone buatan UCAV buatan China, Wing-Long II dalam pameran kedirgantaraan di Dubai Air Show 2017. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA -- Peringatan HUT TNI ke-74 menjadi salah satu momen puncak untuk memamerkan kekuatan alat utama sistem dan senjata (alutsista) yang dimiliki oleh TNI. 

Dalam HUT TNI ke-74 yang turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, TNI kembali menghadirkan drone kombatan berteknologi canggih atau UCAV CH-4 Rainbow yang dibeli dari China.  

Dikutip dari IHS Jane Defense, drone jenis MALE (Medium Altitude Long Endurance) CH-4 Rainbow menjadi alutsista terbaru dengan kemampuan serang dan mampu membawa rudal penghancur. 

Seperti yang dinyatakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (5/10/2019) di Jakarta, ada yang berbeda dengan HUT TNI ke-74 yang dirayakan di Taxi Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma. 

Hadi mengatakan, perbedaannya terletak pada kemunculan drone CH-4 Rainbow yang ditampilkan ke publik.

Pesawat tanpa awak tersebut dapat menembakkan rudal tepat sasaran.

"Yang berbeda dengan tahun kemarin adalah bahwa penampilan khusus yang kita elaborasi dengan kegiatan-kegiatan lain adalah adanya pesawat CH-4.

Dari pesawat yang telah dimiliki oleh TNI," ujar Hadi usai perayaan HUT TNI di Taxi Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

"Pesawat tersebut seperti yang saya sampaikan ketika latihan gabungan TNI di Situbondo dan sudah melaksanakan penembakan menggunakan rudal dan hasilnya sangat baik," lanjut dia.

Hadi mengatakan, pada HUT ke-74, TNI dengan bangga mempelihatkan kemampuan drone CH-4 Rainbow itu di hadapan Presiden Joko Widodo.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved