Pakelem Sebagai Wujud Syukur Terhadap Lautan, Tari Rejang Iringi Pembukaan Nusa Penida Festival

Ritual pakelem ini, sebagai bentuk penghormatan, dan rasa syukur kami terhadap alam. Apalagi masyarakat Nusa Penida dalam setiap kehidupannya

Pakelem Sebagai Wujud Syukur Terhadap Lautan, Tari Rejang Iringi Pembukaan Nusa Penida Festival
Tribun Bali/Rizal Fanany
Sebanyak seribu penari membawakan Tari Rejang Renteng dalam gelaran Nusa Penida Festival Bali 2019 di Pantai Banjar Nyuh, Nusa Penida, Minggu (6/10/2019). Nusa Penida Festival digelar bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan pariwisata. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Acara pembukaan Nusa Penida Festival 2019 digelar di pesisir Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, Minggu (6/10/2019).

Kegiatan ini diiringi ritual pakelem, dengan diiringi ribuan penari Rejang Renteng.

Seperti kegiatan Nusa Penida Festival pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pembukaan selalu diawali dengan
pakelem di laut, untuk memohon keselamatan, sebagai bentuk penghormatan, syukur, dan terima kasih terhadap alam.

"Ritual pakelem ini, sebagai bentuk penghormatan, dan rasa syukur kami terhadap alam. Apalagi masyarakat Nusa Penida dalam setiap kehidupannya, selalu tergantung dengan laut," ungkap Panitia Seksi Acara Nusa Penida Festival 2019, I Nyoman Widana.

Rangkaian ritual pakelem tersebut, diiringi seorang sulinggih yang didampingi Panglingsir Puri Klungkung Ida Dalem Semaraputra.

Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta lalu bersama-sama melarung sarana pakelem ke laut, sembari melepas ratusan ekor tukik.

1.000K for Lombu, Berolahraga Sembari Membantu Sesama

TRIBUN-WIKI – 12 Desa/Kelurahan di Kabupaten Tabanan Masuk dalam Daftar Bahaya Kelas Tinggi Tsunami

Ritual pakelem ini, lalu diiringi dengan Tarian Rejang Renteng massal yang dibawakan oleh ribuan ibu-ibu di Nusa Penida.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menjelaskan ritual pakelem yang diiringi tarian sakral tersebut, sebagai bentuk segara kertih yang menjadi bagian dari visi dan misi Pemerintah Provinsi Bali.

Termasuk menaati surat keputusan bersama tentang pelestarian tari sakral yang sudah disepakati Gubernur Bali dan stakeholder terkait.

"Baru pertama kali ini, Nusa Penida Festival dihadiri jajaran lengkap Pemprov Bali," ujar Nyoman Suwirta saat memberikan sambutan.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved