Pura Madia di Lereng Gunung Agung Hangus & Butuh Dana Rp 2 M, 5 Pura Lainnya Terancam Terbakar

Lima pura yang berada di lereng Gunung Agung, Pucang, Desa Ban, Kecamatan Kubu terancam terbakar.

Pura Madia di Lereng Gunung Agung Hangus & Butuh Dana Rp 2 M, 5 Pura Lainnya Terancam Terbakar
dok ist
 Kondisi Pura Madia di lereng Gunung Agung hangus dilahap si jago merah. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA -  Lima pura yang berada di lereng Gunung Agung, Pucang, Desa Ban, Kecamatan Kubu terancam terbakar.

Kobaraan api yang membakar hutan Gunung Agung masih menyala. Pura tersebut berada di bawah Pura Madia Dukuh Bujangga yang sudah hangus terbakar pada Jumat (4/10).

Bandesa Adat Pucang, I Wayan Sukerta mengungkapkaan, lima pura yang terancam terbakar yakni Pura Melanting Batu Mas Madeg, Pura Pelinggih Ida Batara Panji Ring Kasa, Pura Petirtaan Tengh Bambu, Pura Lima Catu, dan Pura Dalem Pucang.

"Lokasi satu pura dengan pura yang lain jaraknya jauh. Api belum sampai ke bawah.

Namun yang sudah terbakar baru Pura Madia, tiga palinggih tumpang meru, satu bale pesamuhn, empat gedong, satu padmasana, dan prasasti," ungkp Wayan Sukerta, Minggu (6/10).

Sementara itu, warga sekitar dibantu BPBD Karangasem, Dinas Pemadam Kebakaran, Resort Pengelolaan Hutan (RPH), polisi dan tentara, membuat sekat untuk mengantisipasi api yang menjalar hingga ke pura.

Mereka melakukan pemadaman api secara gotong royong, Jumat (4/10) siang hari.

"Tadi saya dapat infor kalau api sudah mulai mengecil. Semoga api segera padam sehingga tak ada pura lagi yang terbakar. Sampai sekarang warga tetap waspada serta terus memantau kondisi api di lereng gunung," jelas Sukerta.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, hingga sekarang api masih terlihat dalam skala kecil.

Petugas masih terus memantau kobaraan api. Dua hari lalu, petugas dan warga melakukan pemadaman di lokasi yang masih bisa dijangkau.

Halaman
123
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved