PDAM Buleleng Usulkan Perubahan Badan Hukum jadi Perumda

PDAM Buleleng mengusulkan perubahan badan hukumnya menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Hita Denbukit

PDAM Buleleng Usulkan Perubahan Badan Hukum jadi Perumda
surya
Ilustrasi air PDAM 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Merujuk pada Peraturan Pemerintah No 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Buleleng mengusulkan perubahan badan hukumnya menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Hita Denbukit.

Usulan ini pun mulai dibahas bersama DPRD Buleleng, dan sudah dituangkan dalam draf rancangan peraturan daerah (ranperda).

Direktur PDAM Buleleng, Made Lestariana Selasa (8/10/2019) mengatakan, melihat dari usahanya yang merupakan pelayanan dasar dan dimiliki oleh satu pemerintah daerah, maka secara bentuk hukum pihaknya masuk dalam Perumda.

Bila sudah Perumda, maka tatanan organisasinya pun kata Lestariana akan berubah, yakni terdiri dari Kuasa Pemilik Modal (KPM), Dewan Pengawas dan Direksi.

"KPM ini sebagai pelaksana kewenangan kepemilikan. Kemudian sisi tata kelola juga nanti aka banyak berubah, menyangkut tentang fungsi, tugas dan tanggung jawab organisasi itu. Juga menyangkut keberadaan komite dalam organisasi yang hubungannya membantu dewan pengawas. Dulu belum diatur sekarang komite-komite ini diatur," jelasnya.

Lestariana pun menyebutkan, bila badan hukumnya telah berubah, maka KPM akan memiliki kewenangan yang cukup besar.

Dengan demikian, pemilik modal bisa menentukan seberapa besar deviden yang harus disetorkan pada pemerintah daerah.

"Dulu deviden yang disetor untuk pemerintah daerah sebesar 55 persen dari laba bersih. Sekarang bisa lebih besar atau lebih kecil, tergantung KPM. Yang jelas ada urutan prioritasnya untuj dana cadangan, kemudian peningkatan kualitas, baru lah deviden yang menjadi hak daerah," tutupnya. (*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved