Hasil Kesepakatan Dagang Indonesia-Chile Disosialisasikan ke Pelaku Usaha Bali

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai manfaat, tantangan dan peluang usaha dari hasil-hasil perundingan IC-CEPA

Hasil Kesepakatan Dagang Indonesia-Chile Disosialisasikan ke Pelaku Usaha Bali
Humas Kementrian Perdagangan RI
Roadshow Indonesia – Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement(IC-CEPA) di Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali, Jumat (11/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURAKementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Bali melaksanakan roadshow sosialisasi Indonesia – Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement(IC-CEPA).

Roadshow sosialisasi tersebut mengambil  tema ‘Potensi Pemanfaatan IC-CEPA’ digelar di Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali, Jumat (11/10/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai manfaat, tantangan dan peluang usaha dari hasil-hasil perundingan IC-CEPA yang telah diimplementasi bulan Agustus 2019 kepada para pelaku usaha.

Roadshow ini menghadirkan pembicara Ni Made Ayu Marthini selaku Direktur Perundingan Bilateral; dan Y.M. Gustavo Ayares, Duta Besar Chile untuk Indonesia, serta Mr. Federico Stäger R., Managing Director, Stager Business Consulting Servicessebagai pelaku usaha asal Chile yang sukses berbisnis dengan mitra di Bali.

Sthala Jazz Session-October Edition 2019 Akan Tampilkan Penyanyi Jazz Mia Samira Quintet Sabtu Besok

Forum Peduli NKRI Bali Minta Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Penusukan Wiranto

“IC-CEPA sebagai kerangka perjanjian bilateral untuk membuka akses pasar non-tradisional di kawasan Amerika Latin diharapkan dapat menjadi stimulus bagi kalangan usaha dan masyarakat di Bali untuk memanfaatkan skema preferensial baik dalam perdagangan barang, jasa, ketenagakerjaan, investasi dan kerja sama ekonomi,” ungkap Ayu Marthini.

Roadshow juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Direktur Kepabeanan Internasional Antar Lembaga, Kementerian Keuangan, Syarif Hidayat dan dihadiri sekitar 100 orang pelaku usaha Bali.

“Kami memilih Bali karena cukup potensial sebagai pintu keluar ekspor produk yang digemari masyarakat Chile seperti alas kaki, fertilizer, dan motor cars,” ungkap Ayu Marthini.

Kegiatan roadshow ini secara rutin diadakan oleh Kementerian Perdagangan sebagai bagian dari pemanfaatan berbagai perjanjian dagang Indonesia dengan berbagai negara mitra. 

Jadi Kawasan Konservasi Maritim, Teluk Benoa Tetap Bisa Direklamasi, Akademisi UGM Ungkap Celahnya

Gandrung Sewu Banyuwangi Jadi Produksi Pengetahuan Budaya

Di mana sebelumnya, telah diadakan roadshow ke Surabaya (IA-CEPA) dan Makassar (IE-CEPA).

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved