PLN Temukan 900 Sambungan Menumpang, Kerap Jadi Sebab Kasus Kesetrum dan Kebakaran

Kasus over spanning alias saling menumpang sambungan listrik masih banyak ditemukan di Buleleng

PLN Temukan 900 Sambungan Menumpang, Kerap Jadi Sebab Kasus Kesetrum dan Kebakaran
Tribunnews
Ilustrasi - Pembenahan instalasi listrik oleh petugas PLN. PLN Temukan 900 Sambungan Menumpang, Kerap Jadi Sebab Kasus Kesetrum dan Kebakaran 

PLN Temukan 900 Sambungan Menumpang, Kerap Jadi Sebab Kasus Kesetrum dan Kebakaran

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Kasus over spanning alias saling menumpang sambungan listrik masih banyak ditemukan di Buleleng.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh PLN Area Bali Utara, jumlahnya mencapai 900 sambungan.

Manajer PLN ULP Singaraja, Ketut Dody Darmawan mengatakan, kasus over spanning memang rata-rata banyak dilakukan oleh warga yang tergolong kurang mampu.

Mereka lebih memilih untuk mengambil listrik dari rumah tetangga menggunakan kabel yang disangkutkan ke pohon-pohon, ketimbang memasang meteran listrik mandiri.

"Makanya tidak jarang kami dengar ada orang yang kesetrum saat berada di kebun, penyebabnya ya karena kasus over spanning ini. Kabel-kabel yang digunakan pun banyak yang tidak standar. Ini juga penyebab terjadinya kebakaran," katanya, Jumat (11/10/2019).

Atas temuan ini, Dody berjanji akan segera menuntaskan kasus over spanning ini hingga akhir tahun 2019.

Salah satunya dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat agar mau memasang meteran listrik mandiri.

Sebab pihak PLN, kata Dody sejatinya sudah memberikan kemudahan dan keringanan terkait biaya pemasangan meteran listrik khusus bagi warga kurang mampu yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

"Hanya dikenakan setengah harga untuk kepala keluarga yang masuk BDT, dan bisa dicicil hingga enam kali. Jadi rumah mereka sudah dialiri listrik 450 VA dengan standar keamanan PLN," ucapnya.

Kemudahan ini diharapkan Dody dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang belum memiliki sambungan listrik mandiri.

"Kami akan sosialisasikan lagi kepada masyarakat, bahwa PLN sebenarnya sudah memberikan sejumlah kemudahan untuk memperoleh listrik mandiri. Mudah-mudahan akhir tahun kasus over spanning ini bisa dituntaskan," tuturnya.

(*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved