Sesekali Lakukanlah 6 Aktivitas di Alam Terbuka Ini untuk Kesehatan Mental Anda

alam bisa menjadi pendekatan non-medis yang mampu memberikan dampak positif terhadap suasana hati orang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk

Sesekali Lakukanlah 6 Aktivitas di Alam Terbuka Ini untuk Kesehatan Mental Anda
pixabay.com
Ilustrasi - Selama bertahun-tahun, para pakar mengatakan bahwa menghabiskan diri di alam terbuka baik untuk kesehatan mental. 

TRIBUN-BALI.COM - Lingkungan terdekat dan kebiasaan orang-orang sekitar adalah yang paling berpengaruh terhadap sikap dan kesehatan mental Anda.

Semakin buruk lingkungan Anda, besar kemungkinan akan menjadikan kesehatan mental Anda semakin buruk.

Oleh karena itu, banyak pakar yang menyarankan agar setiap orang dapat menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas di alam terbuka.

Laporan terbaru dari The Wildlife Trusts yang dipublikasikan pada Hari Kesehatan Mental Dunia kemarin menemukan, alam bisa menjadi pendekatan non-medis yang mampu memberikan dampak positif terhadap suasana hati orang-orang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk.

Dengan banyaknya studi yang mendukung hal tersebut, apa saja cara terbaik yang bisa kita manfaat untuk menikmati manfaat alam terhadap kesehatan mental?

1. Jalan kaki selama 20 menit
Awal tahun ini, para ilmuwan menemukan bahwa menghabiskan waktu selama 20-30 menit di alam terbuka bisa menurunkan tingkat hormon stres (kortisol) hingga 10 persen.

Menghabiskan waktu di alam terbuka hijau memberikan manfaat terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang, namun 20 menit awal merupakan yang paling efisien.

Bahkan jika kita tinggal di kota besar, penulis studi mengatakan bahwa berada di luar rumah atau kantor dan menghabiskan waktu di sekeliling pohon atau rerumputan juga cukup memberikan efek.

2. Makan siang di luar
Jika kamu bukan pribadi yang aktif atau tidak sedang ingin pergi ke luar, kamu tak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di alam.

Menurut pemimpin studi, Dr Mary Carol Hunter, duduk di tempat dengan rangsangan alam juga bisa memberikan dampak.

Halaman
123
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved