Antisipasi Bencana Jelang Musim Hujan, BPBD Gianyar Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang

Mengantisipasi bencana pohon tumbang, BPBD Gianyar dan Dinas Pekerjaan Umum Gianyar melakukan langkah-langkah pemangkasan

Antisipasi Bencana Jelang Musim Hujan, BPBD Gianyar Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang
Tribun Bali/Dwi Suputra
Infografis - Petugas BPBD Gianyar saat melakukan penebangan pohon besar di kawasan Kabupaten Gianyar, belum lama ini. Tindakan ini untuk mengantisipasi bencana besar saat musim hujan. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, memprediksi untuk wilayah Kabupaten Gianyar musim hujan akan terjadi pada November.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, musim hujan yang datang usai kemarau panjang, kerap berpotensi bencana, mulai dari tanah longsor hingga pohon tumbang. Setiap hari rata-rata ada tiga kasus pohon tumbang.

Mengantisipasi bencana pohon tumbang, BPBD Gianyar dan Dinas Pekerjaan Umum Gianyar melakukan langkah-langkah pemangkasan mengacu pada kajian bahaya bencana.

Berdasarkan rekapitulasi data bencana BPBD Gianyar yang dihimpun Tribun Bali, Minggu (13/10/2019), pada musim penghujan tahun 2018, tercatat ada sebanyak 246 bencana.

Dari data tersebut, kasus pohon tumbang berada di urutan teratas yakni sebanyak 113 kejadian.

Setelah itu, bencana tanah longsor 70 kali, banjir 48 kali dan bencana lain-lain 13 kali.

Bencana-bencana tersebut hampir terjadi di semua kecamatan di Kabupaten Gianyar.

Namun secara pemetaan, kasus di masing-masing kecamatan berbeda-beda. Di Gianyar bagian utara meliputi Kecamatan Payangan, Tegalalang dan Tampaksiring didominasi kasus tanah longsor.

Sementara kasus pohon tumbang paling banyak terjadi di Kecamatan Gianyar. Sedangkan bencana banjir, didominasi Blahbatuh dan Sukawati.

Kepala BPBD Gianyar, Anak Agung Oka Digjaya mengatakan hampir setiap tahun bencana yang mendominasi adalah pohon tumbang.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved