Soal Dugaan Jebak Nasabah Rp 1 M, Legal PT SGB Bali: Kalau Kami Nakal, Bappebti Langsung Tindak

Pihak PT Solid Gold Berjangka (SGB) yang diduga telah menjebak nasabahnya hingga Rp 1 miliar, mengaku memiliki sejumlah izin operasional.

Soal Dugaan Jebak Nasabah Rp 1 M, Legal PT SGB Bali: Kalau Kami Nakal, Bappebti Langsung Tindak
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Legal PT SGB Cabang Bali Yesi N Sari saat ditemui di kantor SGB di Jalan Merdeka VI Nomor 17-18 Denpasar, Selasa (15/10/2019) sore 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pihak PT Solid Gold Berjangka (SGB) yang diduga telah menjebak nasabahnya hingga Rp 1 miliar, mengaku memiliki sejumlah izin operasional.

Legal PT SGB Cabang Bali, Yesi N Sari menjelaskan bahwa PT SGB bergerak di bidang perdagangan berjangka komoditi.

Menurutnya, perdagangan berjangka itu memiliki spesialisasi yang berbeda dengan yang lain.

Perdagangan ini diatur dalam Undang-Undang (UU) khusus sehingga juga memiliki otoritas yang khusus yakni UU Nomor 32 tahun 1997 yang telah diubah dengan UU Nomor 10 tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Oleh karena itu, otoritas PT SGB bukan berada di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

"Jadi kalau ditanya OJK tentang kita, OJK memang bukan ranahnya kita. Pengawas kita itu bukan OJK," kata Yesi saat ditemui di kantor PT SGB di Jalan Merdeka VI Nomor 17-18 Denpasar, Selasa (15/10) sore.

Ia mengatakan pengawas PT SGB adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) yang berada langsung di bawah Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

"Kalau masalah legalitas kita langsung diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan dan Bappebti," terangnya.

Yesi menyarankan jika ingin membuka legalitas dari perusahaan tersebut, bisa memeriksanya di laman Bappebti dan laman PT SGB.

"Kalau kami nakal, Bappebti langsung tindak. Jadi pengawasannya itu langsung dari Bappebti. Kalau kita melenceng dari aturannya dia, bahaya," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved