Dua Pelaku Skimming Asal Rumania Diadili

Dua warga negara Rumania, Florin Cristian Apetrei dan Sarghi Renato diadili karena diduga melakukan kejahatan keuangan dengan modus skimming

Dua Pelaku Skimming Asal Rumania Diadili
Line Today
Ilustrasi skimming ATM - Dua Pelaku Skimming Asal Rumania Diadili 

Dua Pelaku Skimming Asal Rumania Diadili

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dua warga negara Rumania, Florin Cristian Apetrei alias Florin (24) dan Sarghi Renato alias Renato (38) diadili di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Denpasar, Bali, Kamis (17/10/2019).

Mereka didudukkan di kursi pesakitan karena diduga melakukan kejahatan keuangan.

Modusnya skimming menggunakan kartu magnetic strip pada automatic teller machine (ATM) BRI dan BNI.

Di persidangan yang digelar di ruang sidang Tirta, Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Made Dipa Umbara mendakwa Florin yang bekerja sebagai sales online marketing pakaian, dan Renato yang bekerja sebagai tukang daging di negara asalnya, telah melanggar Pasal 46 ayat (1) Jo Pasal 30 ayat (1) UU Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik sebagaimana telah diubah oleh UU No.19 tahun 2016 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Para terdakwa melakukan, menyuruh melakukan dan turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun," papar Jaksa Dipa Umbara dihadapan majelis hakim pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi.

Lowongan CPNS 2019, Dibuka 25 Oktober, 4 Formasi hingga Besaran Gaji-nya

Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, Kapolda Bali Beri Arahan Bhabinkamtibmas dan Pecalang

Pula dibeberkan dalam surat dakwaan bagaimana aksi kedua terdakwa.

Mulanya, Florin membeli kartu magnetic strip secara online sebanyak 650 lembar pada saksi Suluh Hadi Raharjo seharga Rp 4,5 juta.

Kartu tersebut kemudian diserahkan kepada Nikolas (DPO) untuk diisi data berupa nomor PIN sebanyak empat angka yang ditulis di belakang kartu.

Setelah kartu-kartu selesai diisi PIN oleh Nikolas, para terdakwa kemudian mulai beraksi dengan mendatangi ATM BRI yang berada di Jalan Tohpati, Denpasar Timur, pada 20 Juli 2019 sekitar pukul 23.30 Wita.

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved