Antisipasi Terjadinya Bencana, BPBD Kembali Bentuk Desa Tangguh Bencana di Desa Selat

BPBD Kabupaten Badung kembali memberikan pendampingan langsung untuk membentuk Desa Tangguh Bencana di Desa Selat, Abiansemal.

Antisipasi Terjadinya Bencana, BPBD Kembali Bentuk Desa Tangguh Bencana di Desa Selat
BPBD Badung
BPBD Badung saat melakukan simulasi penanganan bencana di Desa Selat, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (19/9/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Mengantisipasi terjadinya bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung kembali memberikan pendampingan langsung untuk membentuk Desa Tangguh Bencana.

Kali pendampingan Desa Tangguh Bencana menyasar Desa Selat, Abiansemal, Badung.

Pendampingan yang dilakukan Sabtu (19/10/2019) kemarin, BPBD Badung memberikan simulasi tangguh bencana yang kerap terjadi di Gumi Keris.

"Hari ini (kemarin) kita melaksanakan simulasi desa tanggung bencana di Desa selat Abiansemal. Sehingga kami harapkan saat terjadi bencana, desa bisa mengatasinya," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung, I Wayan Netra.

Menurut Netra, pembentukan desa tangguh bencana betujuan supaya masyarakat dapat berperan aktif mengurangi resiko bencana.

Harapannya, kedepan bukan saja pemerintah yang melakukan penanganan kedaruratan, melainkan desa juga memiliki kapasitas melakukan penanganan kedaruratan secara mandiri.

"Misalkan ada bencana, desa bisa langsung menangani dengan peralatan yang ada. Jika kewalahan barulah dibantu oleh pemerintah," ungkapnya.

Bila desa sudah bertatus desa tangguh bencana, maka desa tersebut bisa ikut menyediakan peralatan yang dibutuhkan melalui anggaran di desa.

“Jadi tidak bergantung sepenuhnya kepada pemerintah,” jelasnya

Ia pun mencontohkan, jika terjadi pohon tumbang yang menghadang jalan hingga menyebabkan kemacetan, desa tersebut bisa langsung menanganinya.

BPBD Badung diharapkan mampu membentuk desa tangguh bencana di 11 desa se-Badung, antara lain Desa Sembung (Mengwi) dan Desa Taman (Abiansemal), Desa Mekar Bhuana (Abiansemal), Desa Punggul (Abianemal), Selat (Abiansemal), Blahkiuh (Abiansemal), Desa Kuwum (Mengwi), Desa Werdi Buana (Mengwi), Desa Baha (Mengwi), Desa Sobangan (Mengwi), Desa Penarungan (Mengwi).

“Semoga apa yang kita harapkan bisa tercapai. Sehingga tahun ini kami target 11 desa yang ada di Badung," pungkasnya. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved