Smart Woman

Arick Istriyanti Bangun Desa Lewat Komunitas Ekspresi, Wadah Anak-anak untuk Kembangkan Diri

Berkat Komunitas Ekspresi yang didirikannya pada tahun 2013, desanya didapuk menjadi desa ramah anak.

Arick Istriyanti Bangun Desa Lewat Komunitas Ekspresi, Wadah Anak-anak untuk Kembangkan Diri
Tribun Bali
Ni Luh Arick Istriyanti 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ni Luh Arick Istriyanti, perempuan muda dan cerdas yang membawa perubahan di desanya, Sibangkaja, Abiansemal, Badung.

Bukan tanpa alasan, berkat Komunitas Ekspresi yang didirikannya pada tahun 2013, desanya didapuk menjadi desa ramah anak.

"Awalnya saya mendirikan komunitas karena melihat kondisi anak-anak di desa saya sudah mulai tidak nyaman ke sekolah bahkan mogok sekolah. Kondisi itu membuat saya penasaran dan kemudian saya mencari tahu apa penyebabnya," ceritanya.

Arick, sapaan akrabnya, kemudian menemukan bahwa penyebab anak-anak di desanya tak memiliki gairah bahkan mogok sekolah, adalah karena dari sistem pendidikan masih seperti dahulu meski zaman telah berubah.

Ia tergerak membuat sebuah Komunitas Ekspresi untuk memberikan wadah kepada anak-anak untuk mengungkapkan keluhan dalam belajar, mengembangkan diri, membantu menemukan minat, dan menjadikan anak-anak lebih percaya diri.

Awalnya, Komunitas Ekspresi yang ia bentuk hanya dihadiri oleh 10-15 anak dari tetangga di sekitar rumahnya.

"Saya membuat konsep belajar di alam di mana kita tidak hanya belajar tetapi juga bermain. Dan 80 persen itu praktek, sisanya ya teori. Anak-anak di komunitas saya ini sudah biasa berdiskusi dan berpendapat," ungkapnya.

Lambat laun, jumlah anak-anak dan sukarelawan di komunitasnya terus bertambah. Hanya saja memang jalan tak selalu mulus.

Tepat pada pertengahan tahun 2016, saat Arick menempuh pendidikannya di Surabaya, ia mendengar kabar bahwa anak-anak yang datang ke komunitas mulai berkurang.

Beberapa relawan yang biasa membantunya memberikan pembelajaran kepada anak-anak pun tak hadir. Program komunitas pun tak bisa berjalan sesuai rencana dan harapannya.

Halaman
123
Penulis: Noviana Windri
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved