Tipiring Susah Bikin Penambang Liar Kapok, Satpol PP Akan Gandeng Kepolisian Tindak Penambang Liar

Setelah melakukan sidak beberapa hari lalu, Satpol PP masih menemukan penambang liar yang nekat beroperasi di eks Galian C

Tipiring Susah Bikin Penambang Liar Kapok, Satpol PP Akan Gandeng Kepolisian Tindak Penambang Liar
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Petugas Satpol PP Klungkung mengempeskan ban truk penambang pasir liar, di eks Galian C Klungkung, Klungkung, Bali, Jumat (18/10/2019) lalu. Tipiring Susah Bikin Penambang Liar Kapok, Satpol PP Akan Gandeng Kepolisian Tindak Penambang Liar 

Tipiring Susah Bikin Penambang Liar Kapok, Satpol PP Akan Gandeng Kepolisian Tindak Penambang Liar

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Penambang liar kian membandel di eks Galian C Klungkung.

Setelah melakukan sidak beberapa hari lalu, Satpol PP masih menemukan penambang liar yang nekat beroperasi di eks Galian C.

Setelah dipergoki Satpol PP, ternyata penambang liar tersebut orangnya itu-itu saja.

"Hari Jumat lalu (18/10/2019), kan kami sidak. Lalu kami kembali sidak, dan kembali temukan penambang liar yang nekat mencari pasir. Setelah kami cek, orangnya sama seperti yang kami amankan sebelumnya. Mobil truk yang digunakan mengangkut pasir, juga sama," ujar Kasatpol PP Klungkung I Putu Suarta, Rabu (23/10/2019).

Karena tidak kapok dan terus membandel, Satpol PP akan mengandeng kepolisian untuk turut mengamankan para penambang pasir liar ini.

Sehingga para penambang liar tidak sebatas dikenakan sanksi tipiring, tapi dapat dikenakan tindak pidana terkait pelanggaran UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Mesin Cuci Mutakhir dari Polytron Membuat Hidup Jadi Lebih Mudah

Susi Pudjiastuti Serahkan Posisi Menteri Pada Teman Ngopinya, Kekhawatiran Saya Hilang

"Jika tipiring kan sanksinya ringan, terkadang mereka (penambang pasir liar) tidak kapok. Nanti kami tindak bersama polisi, bisa dikenakan UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Karena ranah pidana, tentu hukumannya akan lebih berat," ujar Putu Suarta.

Sementara para penambang liar yang sudah diamankan sebelumnya, akan menjalani sidang tipiring di Pengadilan Negeri Semarapura, Kamis (24/10/2019).

Patroli ke eks Galian C akan dilakukan setiap hari.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved