Breaking News:

Kisah Paidi, Mantan Pemulung Beromzet Miliaran Berkat Bertanam Porang, Keuntungannya Fantastis

Paidi memimpikan, porang kelak akan menjadi ikon petani di Indonesia, apalagi tanaman porang yang menjadi komoditas dunia ini

(KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi)
UMBI PORANG. Paidi, warga Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun menunjukkan umbi porang yang akan diekpsor ke luar negeri. Paidi sukses mengembangkan porang hingga mengubah nasibnya pemulung menjadi milyader. 

TRIBUN-BALI.COM - Sejak cerita Paidi, mantan pemulung yang jadi miliader ramai dibicarakan, suasana Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, tak pernah sepi tamu dari luar daerah.

Saban hari, berbagai tamu dengan latar belakang profesi berbeda-beda berbondong-bondong mendatangi desa yang berada 22 kilometer dari Kota Madiun itu.

Paidi, seorang pemulung asal Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang sukses bertanam porang banyak menginspirasi para petani di seluruh Indonesia.

Buku tamu yang disediakan di rumahnya penuh dengan tulisan nama dan asal-usul warga yang ingin berguru bertanam porang kepada Paidi.

"Sejak cerita saya viral, banyak yang berdatangan ke sini. Ada dari Sumatera, Lampung, Medan, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, hingga NTT. Tak ketinggalan banyak yang datang dari kabupaten di wilayah pulau Jawa," ujar Paidi yang ditemui Kompas.com, Jumat (25/10/2019) siang.

Kerepotan banyak aktivitas, Paidi didampingi beberapa karyawan menemui tamu-tamunya yang datang dari sejumlah daerah di Indonesia.

Kebanyakan tamu yang datang lantaran penasaran dengan cerita kesuksesannya bertanam porang hingga menjadikannya seorang miliader.

Selain itu, tamu yang datang juga bertanya bagaimana cara bertanam hingga prospek ke depan.

Ketenaran seorang Paidi tak hanya terangkat setelah viral di dunia maya.

Paidi makin banyak dikenal orang setelah ia diundang menjadi narasumber dalam talkshow Kick Andy dan acara Hitam Putih.

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved