Kabinet Jokowi

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera Merasa Sedih Saat Tahu Prabowo Menjabat Menteri Pertahanan

Hal tersebut disampaikan Mardani saat menjadi pembicara dalam diskusi publik The Indonesian Forum di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera Merasa Sedih Saat Tahu Prabowo Menjabat Menteri Pertahanan
(DOKUMENTASI WARTAWAN ISTANA KEPRESIDENAN )
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selfie dengan wartawan seusai keduanya bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/9/2019). 

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera Merasa Sedih Saat Tahu Prabowo Menjabat Menteri Pertahanan

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Mardani Ali Sera mengaku sedih saat mengetahui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memutuskan bergabung ke pemerintahan dan menjabat Menteri Pertahanan.

Hal tersebut disampaikan Mardani saat menjadi pembicara dalam diskusi publik The Indonesian Forum di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

"Saya sedih Pak Prabowo gabung (ke pemerintah) karena ini membuat tingkat frustrasi publik tinggi yang menuju kepada apatisme," ujar Mardani.

Anggota DPR ini mengatakan, dirinya merasa sedih karena pada pemilihan umum (pemilu) 2019 lalu tingkat partisipasi publik tertinggi dalam sejarah sesudah reformasi, yakni mencapai 82 persen.

Dia menilai, bergabungnya Prabowo ke pemerintahan bisa membuat antusiasme publik untuk memilih pada pemilu menurun. "Kalau begini, yah, sama aja," kata dia.

Kendati demikian, kata Mardani, PKS menghormati keputusan Prabowo untuk bergabung ke pemerintahan.

Sikap Sri Mulyani Saat Nadiem Makarim Masuk Kabinet, You Better Change atau Kamu Punah

Dikira Kayu Ternyata Piton, Jamilah Kaget Langsung Dililit, Sang Suami Cepat Tebas Kepala Ular

Mardani mengatakan Prabowo tak secara resmi meminta izin kepada PKS, tetapi sempat bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri.

"Kita hormati, hargai dan doakan (Prabowo) tapi PKS tetap oposisi," kata dia.
Prabowo Subianto telah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Padahal sebelumnya Prabowo adalah pesaing Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019 lalu. PKS sendiri merupakan salah satu partai pendukung Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019.
Prabowo bergabung ke pemerintah, PKS tetap memilih untuk menjadi oposisi.

Mardani Ali Sera yakin sentimen negatif masyarakat terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menguat lima tahun ke depan.

Hal ini yang menurut Mardani akan membuat PKS semakin percaya diri menjalankan fungsi oposisi, meskipun kekuatan oposisi di parlemen tidak banyak.

"Kalau kami sendirian (oposisi), tetap saja menjalankan peran dan fungsi kami. Walaupun secara kalkulasi matematis agak berat, tapi hukum sentimen publik sekarang menguat," kata Mardani.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ketua DPP PKS Sedih Saat Tahu Prabowo Gabung ke Pemerintah


Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved