WeChat dan Alipay Bakal Secara Legal Masuk ke Indonesia, Apakah Itu?

apa sebenarnya WeChat dan Alipay itu? Keduanya merupakan sistem pembayaran digital raksasa yang digunakan

WeChat dan Alipay Bakal Secara Legal Masuk ke Indonesia, Apakah Itu?
Istimewa
Penggunaan fitur WeChat Pay diperagakan di lobby Swiss-Belhotel Rainforest Kuta, Badung, Bali, Jumat (10/8/2018). 

TRIBUN-BALI.COM - Fintech pembayaran ternama asal China, WeChat dan Alipay, bakal secara legal masuk ke Indonesia pada 2020.

PT Bank Central Asia Tbk (KOMPAS100: BBCA) menjadi pihak acquirer (penyedia layanan) yang bekerja sama dengan Alipay dan WeChat untuk menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture) untuk setiap layanan dengan menggunakan kedua kanal pembayaran digital tersebut.

Lalu, apa sebenarnya WeChat dan Alipay itu? Keduanya merupakan sistem pembayaran digital raksasa yang digunakan oleh hampir 93 persen pengguna layanan keuangan digital di China.

Alipay sendiri merupakan sistem pembayaran milik raksasa e-commerce asal China, Alibaba.

Dikutip dari Techgenix, Alipay mulanya merupakan sebuah sistem escrow di sebuah laman situs belanja online asal China, Taobao.

Hingga kemudian, Alipay terus berkembang dan penggunanya pun semakin sering mendapat keuntungan dalam melakukan transaksi.

Sulit mencari pembanding yang setara untuk bisa disandingkan dengan Alipay dan Wechat.

Keduanya bisa dikatakan sebagai sistem berjejaring sosial seperti Facebook, yang menyediakan layanan pesan singkat, seperti WhatsApp, juga layanan lain seperti PayPal bahkan layanan pesan-antar Uber dalam satu aplikasi.

China sekarang merupakan pasar e-commerce terbesar di dunia. Mereka menyumbang lebih dari 40 persen dari nilai transaksi e-commerce di seluruh dunia.

Pada tahun 2020, konsumen China diperkirakan akan melakukan transaksi hingga 45 triliun dollar AS melalui pembayaran mobile.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved