Wayang Wali Kerap Tak Dihiraukan Masyarakat, Jro Suartana Cetuskan Wayang Pancadatu

Jro Dalang Drs I Gede Suartana, mencetuskan wayang pancadatu atau wayang yang dihias memakai lima jenis permata mulia.

Wayang Wali Kerap Tak Dihiraukan Masyarakat, Jro Suartana Cetuskan Wayang Pancadatu
Tribun Bali/Eri Gunarta
Jro Dalang Drs I Gede Suartana memainkan wayang pancadatu di studionya, di Banjar/Desa Celuk, Sukawati, Gianyar, Rabu (30/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - SEBAGAI seni adiluhung, pementasan wayang, terutama wayang wali/lemah, kerap tak mendapatkan perhatian masyarakat.

Suara dalang dalam menjabarkan alur cerita, selalu tidak terdengar, karena ditelan suara penari topeng dan pesantian yang memakai pengeras suara.

Tak hanya itu, pementasan sakral ini juga kerap dipuggungi masyarakat.

Karena itulah, Jro Dalang Drs I Gede Suartana, mencetuskan wayang pancadatu atau wayang yang dihias memakai lima jenis permata mulia.

Karyanya itu telah memiliki hak cipta, menjadi salah satu kesenian yang ditampilkan dalam penilaian Kabupaten Gianyar sebagai World Craft City (WCC) 2019, dan saat itu Gianyar meraih penghargaan WCC 2019.

Wayang pancadatu juga mendapat undangan pameran khusus di IMF-World Bank di Nusa Dua 2018.

“Wayang lemah sering dianggap sekadar ada, dipunggungi penonton. Biar lebih menarik, saya hias pakai pancadatu. Kalau nggak bisa dengar suara dalang karena ditelan suara tupeng dan pesantian, minimal mereka tertarik melihat wayangnya,” ujarnya, di Banjar/Desa Celuk, Sukawati, Rabu (30/10/2019).

Material pancadatu terdiri dari, mirah (merah), basing (hitam), bidura (putih), mirah cempaka (kuning) dan safir (abu-abu).

Dalam ukiran wayang, pria kelahiran 23 Desember 1960 ini, memasukkan style ukiran perak Desa Celuk yang telah mendapat Indikasi Geografis (IG).

Style ini bernama bunbunan jejawanan, liman paya dan buah gonda.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved