Sponsored Content

Dahulu Turut Memerdekakan Bangsa, Kini Turut Menyehatkan Bangsa

Salah satu bagian dari kemerdekaan adalah hak mendapatkan jaminan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia

Dahulu Turut Memerdekakan Bangsa, Kini Turut Menyehatkan Bangsa
istimewa
I Gusti Bagus Saputera 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, pepatah ini singkat namun memiliki makna yang dalam.

Kemerdekaan adalah hadiah dari para pahlawan yang telah gugur untuk bangsa Indonesia, kini Indonesia telah merdeka dan setiap warga negara wajib menjaga kemerdekaannya.

Salah satu bagian dari kemerdekaan adalah hak mendapatkan jaminan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia, hal ini ditunjukkan oleh pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Dialah I Gusti Bagus Saputera yang merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dan seorang veteran yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Bali.

Bapak veteran ini berkenan memberikan testimoninya mengenai program JKN-KIS.

“Anak muda adalah harapan bangsa yang akan mengambil estafet kepemimpinan negara ini, oleh karena itu diperlukan anak muda yang sehat untuk memimpin bangsa ini,” ucap Saputera di awal wawancara.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat yang berarti kesehatan adalah hak setiap warga negara dan jiwa yang kuat adalah jiwa yang ikhlas membantu sesama tanpa pamrih, hal ini sejalan dengan prinsip dari program JKN-KIS yaitu dengan gotong royong semua tertolong.

“Saya bersyukur diberi kesehatan hingga saat ini, karena iuran saya dapat membantu pemerintah dan dapat menolong rakyat yang membutuhkan,” ujar Saputera.

Sang veteran yang memiliki semangat luar biasa ini menambahkan untuk memimpin negara diperlukan anak bangsa yang sehat jasmani serta rohani, memiliki mental yang kuat, moral yang baik, gemar membaca, serta menguasai teknologi agar tidak ketinggalan zaman.

“Jika dulu teman-teman saya dengan penuh semangat hingga rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan, sekarang jiwa semangat demi bangsa juga dapat ditunjukkan dengan bergotong royong melalui program JKN-KIS ini,” ujar veteran berusia 89 tahun ini.

Sejalan dengan itu, Djero Wilaja yang kala itu mendampingi Saputera juga mengatakan jika ia dan rekan-rekannya yang sudah lanjut usia sangat terbantu dengan adanya program JKN-KIS dan berharap program ini akan terus berlanjut. 

“Saya berharap anak-anak muda sekarang beserta seluruh penduduk Indonesia dapat turut membantu pemerintah menyehatkan bangsa melalui program JKN-KIS ini, karena iuran yang dibayarkan akan sangat bermanfaat bagi peserta yang sakit” pungkas Wilaja yang kini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Denpasar. (*)

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved