Berita Banyuwangi

Anas Ajak Pengusaha Muda Aktif Kembangkan Sektor Kreatif

Sektor kreatif adalah salah satu kunci jawaban dari terbatasnya jumlah lapangan pekerjaan dari industri formal. Sektor kreatif ini pun sangat banyak

Anas Ajak Pengusaha Muda Aktif Kembangkan Sektor Kreatif
haorrahman
Pelantikan BPC HIPMI Banyuwangi di Banyuwangi, Sabtu (2/11/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Bupati Abdullah Azwar Anas mengajak para pengurus serta anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banyuwangi mengembangkan sektor kreatif.

Sektor kreatif dinilai Anas menjadi salah satu jalan keluar mengatasi terbatasnya lapangan kerja di tengah perekonomian yang kian berat.

Bupati Anas mengatakan sebagai sebuah organisasi berbasis enterpreneuship, HIPMI memiliki potensi besar dalam menggerakkan sektor kreatif daerah.

Sektor kreatif dinilai memiliki banyak peluang yang bisa dikembangkan dan hasil ekonominya bisa langsung dirasakan.

“Pengusaha jangan lagi hanya bergerak di sektor konstruksi dan perumahan tapi mulai terjun ke sektor kreatif.

Dalam sektor kreatif, ada banyak keterlibatan tenaga SDM serta perputaran ekonominya cepat dan langsung bisa dirasakan,” kata Anas pada acara pelantikan BPC HIPMI Banyuwangi di Banyuwangi, Sabtu (2/11/2019).

Cara Cerdas Atur Keuangan untuk Biaya Kesehatan Saat Iuran BPJS Naik

Osteoartritis Dapat Turunkan Kualitas Hidup, Begini Cara Merawat Sendi Menurut Ahli

Pertumbuhan industri kreatif sendiri terus berkembang pesat di dunia juga di Indonesia, seiring perkembangan teknologi dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun dari World Conference Creative Economy 2018, sektor industri kreatif di Indonesia telah menyumbang produk domestic bruto (PDRB) sebesar 852 triliun atau setara 7,3 persen total PDRB.

Sektor ini juga menyumbang 12,8 persen dari total ekspor Indonesia atau senilai USD 19,4 miliar.

Dari sisi pekerja membuka lapangan kerja untuk 15,9 juta orang atau setara 13,9 persen dari total lapangan kerja di Indonesia.

“Sektor kreatif adalah salah satu kunci jawaban dari terbatasnya jumlah lapangan pekerjaan dari industri formal. Sektor kreatif ini pun sangat banyak ragamnya mulai kuliner, kriya, musik, desaiin interior, seni pertunjukkan, fesyen dan masih banyak lagi. Kami berharap HIPMI bisa menjadi motor penggerak bagi anak-anak muda daerah terjun di berbagai bidang ini,” ujar Anas.

Viral! Video Detik-detik Penebasan 2 Pria di Kerobokan, Saksi: Ngeri Saya Lihat, Ditebas di Kepala

FS Sumpal Mulut Bayi yang Dilahirkannya Sendiri Lalu Menyimpannya di Lemari

Saat ini, lanjut Anas pemerintah daerah sendiri telah mengembangkan sektor pariwisata sebagai motor penggerak perekonomian daerah. Sektor pariwisata sendiri memiliki keterkaitan erat dengan sektor kreatif.

“Kami sudah ada Banyuwangi Festival yang terbukti mampu menarik wisatawan ke Banyuwangi. Dan ini akan berkembang lebih hebat lagi bila HIPMI bergerak bersama kami mengembangkan pariwisata daerah lewat semangat entrepreneurship yang telah dimiliki HIPMI," kata Anas.

Sementara itu Ketua Badan Pengurus Cabang HIPMI Banyuwangi Dede Abdul Ghani menyatakan siap mendukung apa yang diharapkan Bupati Anas. HIPMI akan berkontribusi pada pengembangan daerah.

"Banyak sektor kreatif yang bisa digarap HIPMI untuk pengembangan daerah. Banyuwangi telah memiliki modal pariwisata yang berkembang, para pengusaha mudanya akan bersinergi dengan pemkab," kata Dede. (*)

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved