Dinilai Mengganggu Citra Pariwisata Badung, Dewan Minta TPS Balangan Dikaji Ulang

Ketua Komisi IV DPRD Badung, I Made Sumerta mengatakan bahwa pembuatan TPS khususnya di Balangan Desa Unggasan perlu dikaji ulang

Dinilai Mengganggu Citra Pariwisata Badung, Dewan Minta TPS Balangan Dikaji Ulang
Tribun Bali/Prima
Infografis Timbunan Sampah di Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung menyikapi rencana Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) membangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) di Balangan, Desa Ungasan dan Desa Sobangan.

Ketua Komisi IV DPRD Badung, I Made Sumerta mengatakan bahwa pembuatan TPS khususnya di Balangan Desa Unggasan perlu dikaji ulang.

Pasalnya daerah tersebut kini menjadi objek wisata di Kabupaten Badung.

“Meski dikasi lahan kan harus dilakukan pengkajian. Nanti di sana sampah menumpuk bagaimana? Kan itu kawasan pariwisata,” ujarnya saat di konfirmasi Jumat (1/11/2019).

Politisi PDI Perjuangan itu mencontohkan, Tuban digunakan tempat menampung sampah saat Badung dilarang membuang sampah ke Suwung.

Sisanya, sampah dibuang sementara di lahan kosong dekat kawasan hutan Mangrove Tuban, Kecamatan Kuta Selatan.

“Lokasi tersebut (di Tuban) itu tidak cocok untuk tempat sampah karena berada dekat dengan kawasan permukiman serta hutan mangrove. Terlebih lagi jalur menuju Bandara Gusti Ngurah Rai,” katanya.

Bagaimanapun juga, kata dia, aktivitas angkut sampah menuju lokasi pembuangan di Tuban akan menganggu pengguna jalan khususnya para wisatawan.

Jika dibiarkan berlama-lama, kata Sumerta, akan berdampak pada citra pariwisata.

“Tempat pembuangan di Tuban itu kita maklumi sementara karena akibat ada pembatasan kuota pembuangan sampah di TPA Suwung. Tapi jangan terus menerus, bilangnya sementara tapi nanti diperpanjang. Boleh jangan lama-lama,” ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved