Kebiasaan Gak Ngisi Tangki BBM Mobil Sampai Penuh, Ternyata Bisa Berdampak Negatif, loh!

Kebiasaan nggak mengisi tangki BBM hingga penuh ketika membeli bahan bakar ternyata bisa memberikan sejumlah dampak negatif bagi mobil

Kebiasaan Gak Ngisi Tangki BBM Mobil Sampai Penuh, Ternyata Bisa Berdampak Negatif, loh!
Freepik via Grid.ID
Ilustrasi mengisi bbm mobil - Kebiasaan Gak Ngisi Tangki BBM Mobil Sampai Penuh, Ternyata Bisa Berdampak Negatif, loh! 

Kebiasaan Gak Ngisi Tangki BBM Mobil Sampai Penuh, Ternyata Bisa Berdampak Negatif, loh!

TRIBUN-BALI.COM - Kebiasaan Gak Ngisi Tangki BBM Mobil Sampai Penuh, Ternyata Bisa Berdampak Negatif, loh!

Nggak bisa dipungkiri, banyak pengendara mobil, khususnya anak muda, yang selama ini jarang atau bahkan nggak pernah mengisi tangki BBM mobil hingga penuh saat mereka mengisi bensin, biasanya sih mentok Rp 100 ribu doang.

Padahal, kebiasaan nggak mengisi tangki BBM hingga penuh ketika membeli bahan bakar ternyata bisa memberikan sejumlah dampak negatif bagi mobil.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, apabila pengendara nggak mengisi bahan bakar hingga penuh, udara yang berada di dalam nantinya bisa menyebabkan tempat penyimpanan BBM menjadi berkarat.

Meski Toko Kuenya Gulung Tikar, Ini 5 Bisnis Ayu Ting Ting yang Membuatnya Kaya

4 Zodiak Punya Gaya Hidup Hedon, Scorpio Hobi Belanja Tak Peduli Hari Esok

Apalagi kalau mobil tersebut jarang dipakai, potensi muncul karat akan menjadi lebih besar lagi karena ruang kosong itu akan menjadi ruang untuk udara, yang akan mengganggu kinerja dari mobil itu sendiri apabila dibiarkan dalam waktu lama.

Meskipun begitu, ketika mengisi tangki bahan bakar hingga penuh, disarankan untuk berhenti setelah nozzle BBM berbunyi klik, dan nggak perlu diteruskan sampai menyentuh mulut dari selang pengisian.

Dewan Minta TPS Balangan Dikaji Ulang, Dinilai Mengganggu Citra Pariwisata Badung

Hidup Bergelimang Harta, Ini Sumber Uang Syahrini Selain Jadi Penyanyi

"Jika mengisi penuh pun disarankan cukup sampai nozzle BBM berbunyi klik saja, tidak perlu sampai ke selang pengisian karena bagaimana pun tangki butuh ruang untuk udara," terang Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha.

Lebih lanjut, Sapta menjelaskan bahwa udara akan keluar melalui lubang hawa apabila tangki BBM penuh oleh bensin, yang otomatis akan membuat bahan bakar terbuang dengan percuma.

"Jadi sebaiknya memang sering diisi penuh, tetapi jika mobil jarang digunakan tidak masalah, asalkan tidak terlalu kosong juga tangki BBM-nya," tambahnya.

Sekarang gimana nih sob, masih mau nggak nih ngisi tangki BBM mobil nggak sampai penuh?

(Hai/

Artikel ini telah tayang di Hai dengan judul Jarang Orang Tahu, Ini Bahaya Nggak Mengisi Tangki BBM Mobil Hingga Penuh Saat Isi Bensin

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved