Dewan Target PAD Tabanan Rp 450 Miliar, Eksekutif Janji Optimalkan Pajak

PAD Tabanan tahun 2020 ditarget naik sekitar 15 persen menjadi Rp 450 miliar atau meningkat Rp 61 miliar lebih dari sebelumnya

Dewan Target PAD Tabanan Rp 450 Miliar, Eksekutif Janji Optimalkan Pajak
dok. ist.
Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti saat menandatangani kesepakatan dan penetapan KUA-PPAS TA 2020 di Ruang Rapat Kantor DPRD Tabanan, Sabtu (9/11/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Jajaran eksekutif dan legislatif Tabanan menggelar rapat paripurna dan menyepakati serta menetapkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2019 di Ruang Rapat DPRD Tabanan, Sabtu (9/11/2019).

Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tabanan tahun 2020 ditarget naik sekitar 15 persen menjadi Rp 450 miliar atau meningkat Rp 61 miliar lebih dari sebelumnya yang ditarget Rp 388 Miliar. 

Penetapan ini mengacu pada Peraturan Menteri dalam Negeri Nomer 33 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020, yang mengamanatkan bahwa Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) merupakan pedoman/acuan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kepala Bakeuda Tabanan, Dewa Ayu Sri Budiarti menyatakan akan lebih mengoptimalkan pendapatan dari segala sektor termasuk 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Tabanan

Dia menyebutkan, ada beberapa yang menjadi fokus untuk mencapai target kenaikan PAD yang sudah disepakati menjadi RAPBD 2020 tersebut.

Diantaranya sektor pajak seluruhnya, retribusi, dan PAD lainnya yang sah. 

"Untuk datanya saya kurang hafal, yang jelas ada 12 OPD penghasil yang akan kita optimalkan lagi. Kemudian untuk sektornya akan kami garap pada sektor pajak seluruhnya, retribusi dan PAD yang sah lainnya," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (10/11/2019). 

Disinggung mengenai keyakinannya terkait pencapaian target tersebut, Dewa Ayu belum mau berkomentar banyak.

Ia hanya berharap target Rp 450 Miliar tersebut tercapai di tahun 2020 mendatang. 

"Astungkara," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved