9 Ribu Bibit Ayam Hangus Tak Bersisa

Kandang ayam yang berisi kurang lebih 9 ribu bibit ayam pedaging itu ludes terbakar, Selasa (12/11).

9 Ribu Bibit Ayam Hangus Tak Bersisa
TRIBUN BALI
LUDES - Kondisi kandang ayam milik I Made Yoga Juada yang hangus terbakar, Selasa (12/11). 

MANGUPURA, TRIBUN BALI – Musibah kebakaran menimpa keluarga I Made Yoga Juada (38). Kandang ayam yang berisi kurang lebih 9 ribu bibit ayam pedaging itu ludes terbakar, Selasa (12/11). Kandang yang berada di Banjar Kelepekan, Desa Tumbakbayuh, Kecamatan Mengwi, Badung itu kini hanya tampak puing-puingnya saja.

Bibit ayam yang umurnya baru beberapa hari itu tak terselamatkan. Akibat musibah tersebut, diperkirakan kurugian yang dialami mencapai Rp 600 juta. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Berdasarkan data dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, korban dan keluarganya selamat. Rumah yang mereka tinggali letaknya bersebelahan dengan kandang ayam yang terbakar tersebut.

Menurut informasi yang didapat di lokasi, kebakaran terjadi pada pagi hari. Api cepat menyebar hingga menghanguskan seisi kandang. Belum diketahui dari mana datangnya api tersebut. Di dalam kandang terdapat beberapa gas dan alat untuk memanaskan udara. Alat itu dipasang karena umur ayam yang baru beberapa hari.
Api itu diduga berasal dari alat pemanas untuk menghangatkan ayam yang ada di kandang. Mengingat kandang sebagian besar berbahan kayu, sehingga api dengan mudah membesar.

Lokasi kandang ayam itu tak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat sehingga membuat petugas pemadam kesulitan.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, I Wayan Wirya mengatakan petugas mendapat informasi bahwa telah terjadi kebakaran pukul 04.47 Wita. Kurang lebih sekitar 1 jam api sudah bisa dipadamkan.

“Aksesnya di dalam persawahan sehingga mobil damkar hanya dari luar dan selangnya diperpanjang,” katanya.
Menurut Wirya, dua blok kandang ayam di lahan seluas 40 meter x 25 meter itu benar-benar ludes tak tersisa. Bahkan, katanya, ayam anakan yang hendak dipelihara juga ikut terpanggang. Ayam tersebut baru tiba sehari sebelumnya. “Untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 600 juta,” ungkapnya.

Lanjut mantan Camat Kuta Selatan ini, “syukur korban dan keluarganya tidak apa-apa.” Ia juga menyatakan petugas yang ikut terlibat dalam pemadaman yakni personil BPBD Badung, aparat desa setempat serta masyarakat. (gus)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ni Ketut Sudiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved