Belanja Daerah Kabupaten Gianyar Rp 3 Triliun Lebih, Ada Defisit yang Harus Ditutupi

Bupati Gianyar Made Mahayastra seusai penetapan APBD menyampaikan kegembiraannya atas penetapan APBD yang lancar.

Belanja Daerah Kabupaten Gianyar Rp 3 Triliun Lebih, Ada Defisit yang Harus Ditutupi
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Bupati Gianyar Made Mahayastra bersalaman dengan Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winarta di sela pembahasan APBD Kabupaten Gianyar di DPRD Gianyar, Bali, Selasa (12/11/2019). 

Belanja Daerah Kabupaten Gianyar Rp 3 Triliun Lebih, Ada Defisit yang Harus Ditutupi

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 Kabupaten Gianyar telah disahkan dalam rapat paripurna di ruang sidang Kantor DPRD Gianyar, di Gianyara, Bali, Selasa (12/11/2019).

Dalam rapat yang digelar bertepatan dengan rerahinan purnama tersebut, ditetapkan pendapatan daerah tahun 2020 Rp 2,549 (dua triliun lima ratus empat puluh sembilan miliar lebih) dan Belanja Daerah Rp 3,035 (tiga triliun tiga puluh lima miliar lebih) yang terdiri dari belanja tidak langsung Rp 1,351 (satu triliun tiga ratus lima puluh satu miliar lebih) dan belanja langsung Rp 1,684 (satu triliun enam ratus delapan puluh empat miliar lebih).

Sehingga terjadi defisit anggaran tahun 2020 Rp 486,572 (empat ratus delapan puluh enam miliar lima ratus tujuh puluh dua juta lebih).

Defisit ini akan ditutup dari Sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2019.

Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditetapkan Rp 1,230 (satu triliun dua ratus tiga puluh miliar lebih). Anggaran APBD juga diarahkan untuk urusan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, pengurangan pengangguran, infrastruktur jalan dan jembatan, irigasi, air bersih, penguatan pertanian, ketahanan pangan, peningkatan kreativitas masyarakat, industri kecil, koperasi dan UMKM untuk meningkatkan daya saing ekspor.

“APBD tahun anggaran 2020 boleh dikatakan APBD pro rakyat karena ratio belanja tidak langsung dengan langsung 44,6 persen berbanding 55,4 persen. Belanja pegawai berkisar di angka 30 persen," kata Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winarta.

Bupati Gianyar Made Mahayastra seusai penetapan APBD menyampaikan kegembiraannya atas penetapan APBD yang berjalan lancar.

“Dalam sejarah baru pertama kali Gianyar bisa menetapkan APBD tanggal 12 November. Biasanya penetapan akhir bulan November, bahkan pernah bulan Desember,” ungkap Bupati Mahayastra.

Menurut Bupati Mahayastra, ini kemajuan yang luar biasa yang dicapai karena memang hubungan yang makin harmonis dan pembahasan yang sudah dilakukan sejak awal, baik pada tahap rapat komisi maupun tahap badan anggaran.

Bupati Mahayastra juga memberi apresiasi kepada anggota dewan atas pembahasan yang lancar demi pembangunan Gianyar ke depan. (*)

Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved