Berita Banyuwangi

Bappenas Gelar Raker Penyusunan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Geopark di Banyuwangi

Kementerian PPn/Bappenas menggelar Rapat Kerja Penyusunan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Geopark di Banyuwangi

Bappenas Gelar Raker Penyusunan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Geopark di Banyuwangi
SURYA/Haorrahman
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menggelar Rapat Kerja Penyusunan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Geopark di Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menggelar Rapat Kerja Penyusunan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Geopark di Banyuwangi

Acara ini digelar di Banyuwangi sebagai bentuk dukungan Bappenas kepada Banyuwangi yang akan diajukan menjadi jaringan global geopark (UNESCO Global Geopark – UGG).

Raker diikuti ratusan stakeholder pengembang geopark dari berbagai wilayah di Indonesia selama tiga hari Senin-Rabu, 11-13 November.

Turut hadir Asisten Deputi Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Maritim, Latief; Tenaga Ahli Menteri ESDM, Leila Ubaidi; Ketua Tim Percepatan Pengembangan Geopark, Yunus Kusumahbrata; Ketua Masyarakat Geowisata Indonesia, Heriyadi; serta segenap pengurus Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), serta perwakilan pemerintah daerah.  

Direktur Sumber Daya Energi Mineral Pertambangan Bappenas, Yahya Rahmana Hidayat, mengatakan Banyuwangi memiliki sebuah spirit perubahan yang sangat besar.

Daerah ini, kata dia, telah berupaya keras dan berhasil memajukan daerahnya dalam waktu yang relatif singkat.

“Spirit ini yang kami apresiasi. Inilah yang menjadi pertimbangan kami menggelar raker di Banyuwangi,” kata Yahya.

“Keputusan ini sekaligus sebagai support kepada Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai geopark nasional, yang kini tengah berjuang menjalani proses menuju jaringan geopark dunia. Dukungan ini agar Banyuwangi terus bersemangat menuju UGG,” katanya.

Yahya mengakui bila Banyuwangi berpeluang cukup bagus untuk lolos UGG.

“Banyuwangi ada peluang. Saya lihat Banyuwangi memiliki setting kelembagaan yang baik. Begitu juga pemberdayaan masyarakatnya juga terekam jelas,” kata Yahya.

Halaman
12
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved