BPJS Kesehatan Denpasar Turut Edukasi Masyarakat Dukung Gerakan Bebas Sampah Plastik

BPJS Kesehatan Cabang Denpasar turut mengimplementasikan gerakan pembatasan penggunaan sampah plastik sekali pakai.

BPJS Kesehatan Denpasar Turut Edukasi Masyarakat Dukung Gerakan Bebas Sampah Plastik
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Denpasar mengimplementasikan gerakan pembatasan penggunaan sampah plastik sekali pakai misalnya melalui pemberian air minum tanpa menggunakan gelas plastik. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Lingkungan yang bersih dan sehat adalah tempat yang dapat memberikan rasa nyaman bagi setiap orang yang ada di dalamnya.

Salah satu faktor pendukung dari lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang bebas dari sampah, termasuk sampah plastik sekali pakai.

Lingkungan yang bersih itu adalah salah satu faktor yang dapat menunjang tujuan dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Pepatah ini sejalan dengan apa yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Bali dengan membatasi penggunaan sampah plastik sekali pakai pada setiap kegiatan yang dilaksanakan, baik itu kegiatan internal maupun kegiatan yang melibatkan pihak eksternal.

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar mengimplementasikan gerakan pembatasan penggunaan sampah plastik sekali pakai misalnya melalui pemberian air minum tanpa menggunakan gelas plastik.

Hal ini dilakukan  kepada para peserta program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang mengikuti kegiatan senam sehat dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali di Denpasar pada Jumat (8/11/2019).

“Kami pribadi sangat mengapresiasi gerakan pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai ini,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, Muhammad Ali.

Sejalan dengan itu Ali juga sangat mendukung program pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai yang dimulai dari dirinya sendiri yang diikuti oleh semua pegawai di BPJS Kesehatan Cabang Denpasar dengan menggunakan tumbler/botol minum bukan berbahan plastik pada saat beraktivitas.

“Senang sekali bisa mengikuti senam sehat pada pagi ini,” ucap I Wayan Jana salah satu peserta Prolanis dari Puskesmas Denpasar Utara 3.

Jana yang hadir pada kegiatan pagi itu sangat mengapresiasi penggunaan gelas air dan tempat makanan yang tidak menggunakan bahan plastik dari BPJS Kesehatan Cabang Denpasar.

“Lingkungan yang bersih tanpa sampah plastik akan membuat udara semakin bersih dan pastinya akan bagus untuk saya yang usianya sudah lanjut,” cetus pria 76 tahun ini.

Tidak lupa Ali juga mengajak masyarakat lainnya untuk turut menggalakkan program pembatasan timbunan sampah plastik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana banjir dan pencemaran lingkungan.

“Semoga hal kecil dan sederhana yang kami lakukan pada hari ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi lingkungan sekitar,” pungkas Ali.

Ali menambahkan jika seluruh warga turut disiplin dengan mengurangi bahkan tidak menggunakan sampah plastik sekali pakai, maka lingkungan yang bersih, sehat, dan indah di pandang mata pasti akan dapat diwujudkan. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved