Bangkitkan Kain Endek, Ini yang Dilakukan Disperindag Gianyar

Juara I diraih BPD Bali Gianyar, Juara 2 diraih Dinas Perhubungan dan juara 3 diraih BNI Cabang Gianyar.

Bangkitkan Kain Endek, Ini yang Dilakukan Disperindag Gianyar
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Lomba busana endek dibuka oleh Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun di Balai Budaya Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019). 

Bangkitkan Kain Endek, Ini yang Dilakukan Disperindag Gianyar

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019, Pemkab Gianyar melalui Disperindag bekerjasama Dekranasda Kabupaten Gianyar menggelar Lomba Busana Adat ke Kantor.

Lomba busana dibuka oleh Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun di Balai Budaya Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019).

Lomba yang berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai corak dan warna kain tenun endek khas Gianyar juga turut disaksikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra, BPD Bali Cabang Gianyar, ASEPHI Bali, serta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Giannyar.

Wabup AA Gde Mayun saat membacakan sambutan Bupati Gianyar mengatakan, sangat mengapresiasi lomba busana adat ke kantor ini.

Karena selain sebagai upaya untuk melestarikan busana adat Bali agar tidak terlupakan keberadaannya, hal ini juga berkaitan dengan Pergub Bali nomor 79 tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Sebagai wujud komitmen serius pada upaya pelestarian busana adat Bali.

“Lewat lomba ini mungkin kita bisa banyak belajar, bagaimana berbusana yang baik sesuai dengan etika, namun tetap kekinian tanpa meninggalkan pakem-pakem bagaimana tata cara berbusana yang baik dan benar,” tegas Wabup Agung Mayun.

Hal senada ditegaskan Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Lomba busana ini lebih menekan pada agar konsep dasar dari busana adat Bali ini tidak terlupakan keberadaannya, maka diperlukan kesadaran dari kita semua betapa pentingnya untuk melestarikannya.

Disamping itu juga sebagai ketua Dekranasda, Ny Adnyani Mahayastra sangat menyadari di Kabupaten Gianyar begitu banyak menyimpan potensi yang terpendam, baik itu para desainer maupun potensi keragaman corak, motif maupun warna dari kain tenun endek.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved