Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Targetkan Terwujudnya Sustainable Eco Airport

Bandar Udara ramah lingkungan/Eco Airport diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan bandara yang mempunyai visi global lingkungan hidup

Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Targetkan Terwujudnya Sustainable Eco Airport
Humas Kantor Otban Wilayah IV.
Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Targetkan Terwujudnya Sustainable Eco Airport 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan bahwa salah satu tugas dan tanggung jawab Kantor Otoritas Bandar Udara adalah menjamin keselamatan, keamanan, kelancaran dan kenyamatan di Bandar Udara.

Sehingga harus terus meningkatkan kesadaran bagi para operator yang melaksanakan tugas di sisi udara sehingga selalu mematuhi aspek-aspek keselamatan yang kita inginkan bersama.

Dengan memperhatikan tugas, tanggungjawab serta wewenang tersebut, dibutuhkan kemampuan dan kesadaran bagi semua unsur.

Pasar Medahan Selama Ini Jadi Lokasi Pembuangan Hewan

Mencintai dan Menikmati Waktu Bersama Anak, 7 Hal Ini Akan Mendukung Usahamu Menjadi Ayah Hebat

Sehingga peningkatan keselamatan penerbangan yang memenuhi ketentuan dalam Peraturan Dirjen Hubud No. KP 262 tahun 2017 tentang Standar Teknis dan Operasional Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139 (Manual of Standar CASR Part 139) Volume I Bandar Udara (Aerodrome).

Sebagai regulator, Kantor Otoritas Bandar Udara mempunyai tugas memastikan bahwa pengoperasian seluruh bandar udara yang beroperasi di Indonesia harus memenuhi standar sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pengoperasian suatu bandara yang memiliki standar akan menghindari kesalahan, pemenuhan aturan sehinggga terwujudnya zero accident.

Untuk mencapai tujuan tersebut kita perlu menanamkan budaya keselamatan (Safety Culture) yaitu budaya tahu, budaya luwes, budaya belajar, budaya adil dan budaya lapor.

Sesuai SKEP/100/XI/1985 tentang peraturan dan tata tertib bandara, SKEP/140/VI/1999 tentang persyaratan dan prosedur pengoperasian kendaraan di sisi udara.

Dan untuk mencapai tujuan tersebut digelar Penyelenggaraan Bimtek Keselamatan Penerbangan di bidang Bandar Udara oleh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV di Bali.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Pengoperasioan Bandar Udara, Edison Saragih Sidabutar.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Meika Pestaria Tumanggor
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved