Back Up Sistem Peringatan Dini Tsunami di Bangun di Bali, Begini Kata BMKG

Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Indonesia Tsunami Early Warning System) atau yang sering disebut InaTEWS telah dioperasikan oleh BMKG

Back Up Sistem Peringatan Dini Tsunami di Bangun di Bali, Begini Kata BMKG
Tribun Bali/Zaenal Arifin
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat menyampaikan mengenai Bali jadi backup InaTEWS Jakarta.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Indonesia Tsunami Early Warning System) atau yang sering disebut InaTEWS telah dioperasikan oleh BMKG di Kantor Pusat Kemayoran, Jakarta sejak tahun 2008.

Dan pada tahun 2009 back-up sistem ini telah dibangun di Denpasar, Provinsi Bali tepatnya di Kantor BMKG Wilayah III Denpasar Jl. Raya Tuban, Kuta, Badung, Bali.

Backup system ini sangat vital, karena harus harus kita siapkan dengan "skenario terburuk" apabila Jakarta lumpuh karena bencana atau berbagai kendala, maka pengendalian Sistem Peringatan Dini Tsunami akan segera diambil alih oleh BMKG Balai Besar Wilayah III di Denpasar.

Hal ini diungkapkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Sabtu (16/11/2019) di Kantor BMKG Wilayah III Denpasar.

Dalam rangka memperkuat Sistem Peringatan Dini di Indonesia, saat ini BMKG sedang dalam proses merapatkan jaringan sensor-sensor gempabumi. 

“Saat ini sensor yang telah beroperasi sebanyak 176 sensor, akan diperbanyak menjadi 585 sensor di seluruh Wilayah Indonesia di tahun 2020,” jelas Dwikorita. 

Dan khususnya di Provinsi Bali di tahun 2019 ini sudah dibangun 2 shelter seismik, dan sedang disiapkan untuk instalasi dua seismograf guna memperkuat jaringan pengaman sistem peringatan dini gempabumi dan tsunami di Provinsi Bali

Dua shelter tersebut berada di Kecamatan Kintamani Bangli dan Nusa Penida Klungkung. 

"Dua shelter ini dibangun sebagai bentuk dukungan BMKG terhadap pertumbuhan pariwisata Bali yang terus meningkat setiap tahunnya," tambahnya.

Saat terjadi gempa 176 sensor itu akan mengirimkan sinyal-sinyal gelombang gempa yang tertangkap di Jakarta dan Bali.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved