Komunitas Kanaditya Ajak Ratusan Siswa SD dan Masyarakat Karangasem Ikuti Kegiatan Literasi

Komunitas ini pun melibatkan TBM Widya Santi Mandiri - Karangasem serta melibatkan kolaborasi dengan berbagai komunitas

Komunitas Kanaditya Ajak Ratusan Siswa SD dan Masyarakat Karangasem Ikuti Kegiatan Literasi
Debby Lukito
Komunitas Kanaditya Ajak Ratusan Siswa SD dan Masyarakat Karangasem Dalam Kegiatan Literasi untuk semua, Sabtu (16/11/ 2019) lalu. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komunitas Kanaditya kembali menghadirkan kegiatan "Literasi untuk Semua".

Komunitas yang bergerak di bidang literasi, edukasi dan sosial  menggelar kegiatan 'Literasi untuk Semua II' yang diadakan pada hari Sabtu (16/11/ 2019) lalu.

Komunitas ini pun melibatkan TBM Widya Santi Mandiri - Karangasem serta melibatkan kolaborasi dengan berbagai komunitas, perorangan dan organisasi, seperti Gapura Digital, Wavemakers.co, GMIS (Gandhi Memorial International School) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu Pendiri Komunitas Kanaditya, Debby Lukito menyebutkan terdapat 88 relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sertijab PJU dan Kapolres Jajarannya, Kapolda Imbau Pejabat Baru untuk Segera Adaptasi

400an Hektar Sawah di Denpasar Timur Tak Dapat Air Selama 2 Kali Masa Tanam

Acara inipun berlangsung di dua lokasi, yaitu di SDN 1 Nawakerti dan Desa Pidpid, Karangasem.

"Di SDN 1 Nawakerti, kegiatan melibatkan seluruh murid dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan total 275 murid dan di desa Pidpid kegiatan melibatkan 50 masyarakat usia produktif," ujarnya ketika dihubungi Tribun Bali pada Minggu (17/11/2019).

Adapun kegiatan di SDN 1 Nawakerti meliputi literasi baca tulis dalam wujud story telling dan craft, literasi kuliner dalam wujud lomba menghias roti tawar dan literasi kesehatan dalam wujud penyuluhan kesehatan gigi serta praktik bersama menyikat gigi yang benar.

Sedangkan untuk di desa Pidpid, tema yang diangkat adalah 'Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Kuliner dan Literasi Digital'.

Sebelum Menjadi Artis dan Istri Pengusaha, Sandra Dewi Sempat Berjuang Keras untuk Biaya Kuliah

Pukul 10.46 WIB Gunung Merapi di Yogya Meletus & Muntahkan Kolom Kelabu 1000 Meter Mengarah ke Barat

Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari memberikan pelatihan tentang industri makanan dan minuman kemudian dilanjutkan dengan baking demo dengan membuat penganan bernilai jual yang nantinya bisa digunakan dalam upacara keagamaan.

"Acara puncak adalah penyerahan donasi untuk pembangunan Cubang (tandon air permanen,red) kepada penduduk desa Pidpid. Pembangunan direncanakan sudah selesai di bulan Desember nanti sebagai warisan bagi bumi Karangasem dan penduduknya," ungkap Debby.

Ketua Umum PSSI Sebut Gaji Luis Milla Tak Akan Menjadi Masalah Bagi PSSI: Kita Cari yang Terbaik

Dapat Atasi Asam Urat, Inilah 5 Manfaat Biji Salak yang Tidak Banyak Diketahui

'Literasi untuk Semua' merupakan kegiatan setiap tiga bulan dari Komunitas Kanaditya dan yang pertama adalah di bulan Agustus lalu dan mengambil tempat di desa Pedahan Kaja, Karangasem.

"Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan masyarakat, termasuk anak-anak yang literasi melalui berbagai kegiatan literasi yang menyenangkan dan bermanfaat, sekaligus pemberdayaan masyarakat melalui literasi," tambahnya.

Komunitas Kanaditya sendiri berdiri sejak Januari 2012 di bawah Yayasan Kanaditya Anjani Dharma yang berfokus pada literasi, edukasi dan menggabungkannya dalam berbagai kegiatan sosial. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved