Desa Adat Dianggarkan Rp 300 Juta, Langsung Ditransfer ke Rekening Desa Adat

Anggaran untuk setiap desa adat di Bali akan dinaikkan menjadi Rp 300 juta pada APBD tahun 2020 mendatang.

Desa Adat Dianggarkan Rp 300 Juta, Langsung Ditransfer ke Rekening Desa Adat
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Sidang Paripurna ke-6 Masa Persidangan III tahun 2019 digelar di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Bali, Senin (18/11/2019). Sidang ini salah satunya membahas anggaran desa adat tahun depan. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Anggaran untuk setiap desa adat di Bali akan dinaikkan menjadi Rp 300 juta pada APBD tahun 2020 mendatang, dari anggaran semula saat ini Rp 250 juta.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali pun telah menganggarkan Rp 447,9 miliar untuk 1.493 desa adat di Bali.

“Besaran alokasi anggaran ini sesuai dengan apa yang saya janjikan pada kampanye Pemilu Pilgub 2018 lalu,” kata Gubernur Bali, I Wayan Koster, dalam sambutannya pada Rapat Paripurna ke-6 masa persidangan III Tahun Sidang 2019 DPRD Provinsi Bali di Gedung Dewan di Denpasar, Senin (18/11/2019).

Peningkatan anggaran bertujuan memperkuat peran dan fungsi desa adat.

Hal ini juga sesuai dengan Pergub Nomor 34 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan desa adat, maka alokasi anggarannya langsung ditransfer ke rekening desa adat, tidak lagi melalui BKK (Bantuan Keuangan Khusus) ke desa.

“Jadi sekarang simpel sudah, langsung ke rekening desa adat,” ujar Koster.

Pelaksanaan program dan penggunaan anggaran untuk desa adat selanjutnya akan diatur dengan petunjuk teknis dan dikoordinasikan oleh Dinas Pemajuan Masyarakat Adat.

Dinas ini akan khusus mengurusi terkait hal-hal berkaitan dengan tugas dan fungsi desa adat.

Pemberdayaan Desa Adat
Anggota Komisi IV DPRD Bali, I Nyoman Budiutama, mengatakan adanya kenaikan dana BKK untuk desa adat ini sudah menjadi wacana sejak masa kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, dan baru bisa terealisasi pada tahun anggaran 2020.

Menurutnya, peruntukan bantuan tersebut diharapkan tidak saja untuk kepentingan adat seperti membangun infrastruktur di desa adat.

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved