Koster Akan Genjot Percepatan Realisasi Anggaran, APBD Bali Tahun 2020 Dipatok Rp 7,28 Triliun

“Proses administrasinya kira-kira kepanjangan,” kata Koster usai penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) di Gedung Wiswa Sabha Utama

Koster Akan Genjot Percepatan Realisasi Anggaran, APBD Bali Tahun 2020 Dipatok Rp 7,28 Triliun
TRIBUN BALI/WEMA SATYADINATA
Gubernur Bali, Wayan Koster 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR-Gubernur Bali, Wayan Koster menyoroti lambannya penyerapan anggaran APBD Provinsi Bali serta penggunaan dana transfer dari pemerintah pusat.

Adapun realisasi anggaran APBD Provinsi Bali sampai pertengahan November 2019 ini baru mencapai 66 persen. 

Sedangkan Per 17 November 2019, tingkat penyerapan anggaran APBN Pusat ke wilayah Bali secara keseluruhan mencapai 8,631 triliun atau 77,21 persen dari nilai Rp 11,18 triliun.

Menurut Koster, lambatnya penyerapan anggaran tersebut terjadi akibat persoalan tata kerja di satuan kerja vertikal dan OPD Provinsi Bali, terutama yang berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa. 

“Proses administrasinya kira-kira kepanjangan,” kata Koster usai penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Selasa (19/11/2019).

Kendarai Sepeda Motor dan Menyusup Masuk Bali Tanpa Dokumen Sah, Dacheng Yan Divonis 8 Bulan Penjara

Kuli Bangunan di Jakarta Tercatat Punya Mobil Seharga Rp 20 Miliar, Terkuak dari Tagihan Pajak

Ia meminta kepada seluruh Kepala OPD untuk menggunakan anggaran secepatnya, tidak perlu takut dan yang penting tidak korupsi.

Untuk itu, pihaknya segera akan membentuk tim review percepatan realisasi anggaran. Nantinya dalam tim tersebut akan melibatkan pakar hukum yang memahami masalah legislasi.

Selain itu, percepatan realisasi anggaran ini harus dilakukan dengan komitmen serius dan sungguh-sungguh untuk menggerakkan perekonomian daerah.

Selanjutnya fenomena ini harus menjadi perhatian, karena rupanya kebiasaan bekerja mulai dari awal tahun di dalam mengelola APBD ini belum berjalan cepat, sehingga menumpuk di akhir tahun.

“Saya sendiri menjabat sebagai gubernur melihat kondisi yang sama. Di tahun 2019 ini realisasi anggaran baru mencapai 66 persen, padahal waktu tinggal satu bulan efektif,” ujarnya.

Malaysia vs Indonesia: 2 Serdadu Bali United Siap Tuntaskan Pembalasan di Bukit Jalil

Inilah Kesalahan yang Membuat Anda Gagal dalam Wawancara Kerja

Halaman
1234
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved