Bank Indonesia Prediksi Inflasi Tahun Ini di Kisaran 3,1 Persen

Bila dilihat secara tahunan, inflasi pada bulan Oktober 2019 tercatat rendah sebesar 3,13% (yoy) atau turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 3,39%

Bank Indonesia Prediksi Inflasi Tahun Ini di Kisaran 3,1 Persen
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Inflasi pada tahun 2019 masih akan terkendali rendah dan stabil. Bank Indonesia (BI) meramal inflasi pada tahun ini akan ada di kisaran 3,1%. Hal ini juga meminbang dari kondisi inflasi pada bulan Oktober 2019 yang tercatat 0,02% (mom) setelah pada bulan sebelumnya mencatat deflasi sebesar 0,27% (mom).

Bila dilihat secara tahunan, inflasi pada bulan Oktober 2019 tercatat rendah sebesar 3,13% (yoy) atau turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 3,39% (yoy). Bila dilihat secara kumulatif pun, dari bulan Januari 2019 - Oktober 2019 inflasi tercatat 2,22% (ytd).

Bank Indonesia Buka Seleksi Calon Pegawai, Ini Link-nya

Bank Indonesia Kirim UMKM dari Bali untuk FES

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, inflasi yang terkendali ini didorong oleh menurunnya inflasi kelompok bahan pangan yang disebabkan oleh pengaruh harga global yang minimal terhadap kelompok ini. Selain itu, ini juga merupakan keberhasilan dari konsistensi kebijakan moneter dalam menjaga stabilitas harga, serta permintaan agregat, dan juga stabilnya harga-harga barang yang diatur oleh pemerintah.

Untuk ke depannya, BI juga berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah. BI juga memastikan inflasi akan tetap terjaga sesuai dengan kisaran sasaran. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul BI ramal inflasi pada tahun 2019 ada di kisaran 3,1% https://nasional.kontan.co.id/news/bi-ramal-inflasi-pada-tahun-2019-ada-di-kisaran-31

Editor: Kambali
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved