Menparekraf di Bali

BREAKING NEWS : Menparekraf Wisnhutama Datangi Bali Soal Pariwisata Berkualitas di Indonesia

ariwisata berkualitas di Indonesia akan dicanangkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Wisnhutama

BREAKING NEWS : Menparekraf Wisnhutama Datangi Bali Soal Pariwisata Berkualitas di Indonesia
Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio usai menghadiri pembukaan Indonesia Tourim Outlook 2020 di Nusa Dua Bali (22/11/2019) 

TRIBUN BALI.COM, NUSA DUA - Pariwisata berkualitas di Indonesia akan dicanangkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Wisnhutama Kusubandio.

Berkualitas disini maksudnya adalah meningkatkan kualitas turis yang datang ke Indonesia, sehingga spending nya di sini jauh lebih besar dari sebelumnya yang coveragenya berkisar 1.220 USD.

“Kita tingkatkan kualitas itu kurang lebih seperti itu. Bukan number orang (angka kunjungan wisatawan) nya tapi harus tingkatkan kualitasnya. Contohnya New Zealand hanya 4 juta kunjungan satu tahun tapi spendingnya per visit itu hampir 5 ribu USD,” ungkap Menteri Wisnhutama, Jumat (22/11/2019) usai membuka Indonesia Tourism Outlook2020 di Nusa Dua.

Menurutnya dengan cara itu mereka (New Zealand) bisa melindungi alamnya.

Dan itulah menurut Wisnu, yang harus dilakukan Indonesia.

Salah satu strategi yang dilakukan yakni meningkatkan MICE di Indonesia karena sekali datang, turis yang hadir banyak dan length of the stay lama sehingga spending-nya tinggi.

“Kalau kualitas wisatawannya bagus kan artinya spending akan bagus, growth ekonominya juga bagus (untuk Indonesia). Pembangunan pariwisata ke depan tidak hanya berorientasi pada jumlah namun penting juga kita meningkatkan kualitas, from quantity from quality tourism,” imbuhnya.

Dan beberapa target utama yang ingin dicapai Kemenparekraf adalah devisa dan nilai tambah pariwisata dan industri kreatif, kesiapan destinasi industri dan masyarakat, peningkatan kapasitas SDM, mementingkan daya dukung lingkungan serta menciptakan citra pariwisata yang berdaya saing tinggi namun tetap dengan karakter lokal dan Nusantara.

Melalui penerapan quality tourism maka kelangsungan dan daya dukung lingkungan juga semakin terjaga, pembangunan dan ekonomi kreatif harus diselaraskan dengan sustainable Development Goals, serta harus menerapkan konsep ekonomi hijau.

 Hal ini pun sejalan dengan tren pariwisata masa depan di mana itu ecotourism menjadi semakin diminati oleh para wisatawan.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved