Seratus Berkas Lamaran Tidak Memenuhi Syarat, Pelamar CPNS Di Klungkung Membludak

Seratus Berkas Lamaran Tidak Memenuhi Syarat, Pelamar CPNS Di Klungkung Membludak

Seratus Berkas Lamaran Tidak Memenuhi Syarat, Pelamar CPNS Di Klungkung Membludak
Tribun Bali
Ilustrasi CPNS. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Pendaftaran calon pegawai negeri di Klungkung, berakhir hari ini Senin (25/11).

Berdasarkan data di BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Klungkung, hingga minggu (24/11) sekitar pukul 15.00 Wita, jumlah pelamar CPNS di Klungkung mencapai 2998 orang. Seratus berkas diantaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klungkung I Komang Susana menjelaskan, pihaknya sudah melakukan rekap terhadap bebeberapa pelamar yang sudah masuk. Hingga Minggu (24/11) sekitar pukul 15.00 Wita, jumlah pelmar yang masuk mencapai 2998 orang. Sementara jumlah yang sudah terverifikasi berjumlah 1550 berkas. Dari jumlah itu, seratus berkas diantaranya tidak memenuhi syarat atau tidak lolos verifikasi.

" Ada berbagai hal yang menyebabkan bekas itu dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah diverifikasi," ungkap Susana.

Ia mencontohkan, dokumen pelamar yang tidak memenuhi syarat karena beberapa kesalahan dari pelamar seperti, surat pernyataan tidak diketik, surat lamaran tidak ditanda tangani, isi surat lamaran gabeng, nilai IPK dibawah 3.0, antara kualifikasi pendidikan dengan formasi yang dicari tidak sesuai.

“Sebelum diumumkan, hasil verifikasi diserahkan terlebih dahulu kepada panitia. Seleksi administrasi berlangsung hingga 25 November 2019. Sedangkan verifikasi administrasi jadwalnya sampai 12 Desember 2019,” imbuh Susana.

Setelah pengumuman seleksi adminisrasi, pelamar diberikan waktu untuk menyampaikan sanggahan selama tiga hari. Susana tidak menampik, pelamar tahun ini jumlahnya cukup banyak dibandingkan tahun lalu yang mana jumlah pelamar sebelumnya hanya 1.600 orang.

" Tahun ini pelamar lebih banyak. Apalagi beberapa daerah lain, tidak menyelenggarakan recruitmen CPNS," ungkap Susana.

Pemkab Klungkung resmi mengumumkan rekrutmen CPNS tahu 2019, Senin (11/11) lalu. Adapun formasi yang dibutuhkan dibagi kedalam dua formasi yakni umum dan formasi khusus.

Untuk formasi umum terdiri atas tenaga pendidikan sebanyak 33 diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 18 Formasi dan S1 Pendidikan Matematika sebanyak empat formasi. Hampir sebagian besar formasi yang dibutuhkan tersebut akan ditempat untuk memenuhi guru di Nusa Penida. Sedangkan tenaga kesehatan 60 orang terdiri dari kualifikasi pendidikan NERS sebanyak 12 formasi. Disusul DIII Keperawatan sebanyak sembilan dan tujuh formasi untuk pendidikan Apoteker. Tenaga kesehatan yang direkrut ini akan ditempatkan di UPTD Rumah Sakit Pratama Gema Santi Nusa Penida. Sementara untuk tenaga teknis dijatah sebanyak 24 formasi. (Mit)

3 Formasi Untuk Disabilitas

Selain itu, Pemkab Klungkung juga membuka formasi khusus. Terdiri atas lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) sebanyak dua formasi, dan dua formasi yang dibutuhkan dengan kualifikasi pendidikan dokter umum.

Sedangkan penyandang disabilitas, diberikan jatah tiga formasi.

Sementara kualifikasi pendidikan S1 Pendidikan Luar Sekolah satu formasi dan S1/DIV Teknik Sipil sebanyak dua formasi. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved