Pendaftaran CPNS di Bali

Mundur Seleksi CPNS Didenda Rp 100 Juta, Pemprov Bali Terima Pendaftaran hingga 28 November

Badan Kepegawaian Negara mengimbau pelamar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 sungguh-sungguh dengan pilihannya.

Mundur Seleksi CPNS Didenda Rp 100 Juta, Pemprov Bali Terima Pendaftaran hingga 28 November
Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Badung mengantri sebelum mengikuti tes Seleksi Kopentisi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Comuter Assisted Tes (CAT) di Gedung Makodam IX/Udayana, Jalan Raya Udayana, Denpasar, Senin (5/11/2018). Tes SKD diselenggarakan selama dua hari, 5-6 November. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR  -- Badan Kepegawaian Negara mengimbau pelamar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 sungguh-sungguh dengan pilihannya.

Pendaftar yang mundur setelah dinyatakan lolos CPNS 2019 dikenai denda yang berkisar Rp 25 juta hingga Rp100 juta.

Imbauan tersebut berkaitan dengan surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang didaftar dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun paling singkat selama 10 tahun sejak TMT PNS.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019, jika peserta dinyatakan lulus dan mengajukan pindah,maka yang bersangkutan dianggap telah mengundurkan diri.

Peserta yang telah lulus tahap akhir seleksi dan mendapatkan persetujuan Nomor Induk Pegawai kemudian mengundurkan diri akan mendapatkan sanksi. 

"Setiap instansi berbeda sanksinya," ujar Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono kepada Kompas.com, Senin (25/11).

Sanksi dan denda yang diberikan instansi, baik administrasi maupun denda, biasanya tertera pada pengumuman penerimaan CPNS 2019.

Secara umum, kata dia,  ada dua jenis sanksi yang dikenakan terhadap pelamar CPNS 2019 jika dinyatakan lolos dan kemudian mengundurkan diri.

Sanksinya adalah tidak boleh mendaftar pada penerimaan CPNS periode selanjutnya dan denda berupa uang dalam nominal tertentu.

Contohnya di Kementerian Luar Negeri.

Halaman
1234
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved