Selangkah Lagi Legalisasi Arak Bali Rampung, Dua Skema Ini Harus Dilalui

Dalam skema ini, petani yang selama ini membuat bahan baku arak bali akan dikumpulkan dalam suatu wadah Koperasi Subak/Desa Arak.

Selangkah Lagi Legalisasi Arak Bali Rampung, Dua Skema Ini Harus Dilalui
tribun bali/zaenal nur arifin
Suasana media briefing mengenai cukai pada MMEA dan arak Bali, Selasa (26/11/2019). 

TRIBUN BALI.COM, BADUNG – Wacana mengenai legalisasi arak Bali terus mengemuka, kali ini jalan menuju legalisasi arak bali ini makin terbuka lebar.

Sejumlah pihak seperti Bea Cukai Bali Nusa Tenggara bersama Pemprov Bali juga terus mematangkan skema apa yang harus dilalui, agar minuman tradisional Bali yang banyak diproduksi seperti di Karangasem dan daerah lainnya ini bisa legal.

Terlebih perkembangan minuman fermentasi beralkohol ini kian popular. Tak hanya sekadar bisa dinikmati pada acara budaya dan adat saja, namun juga oleh masyarakat secara luas.

Selain di wilayah Kabupaten Karangasem, arak bali juga banyak diproduksi di kabupaten Singaraja.

Kini Bea Cukai Bali Nusra mempunyai inisiatif dengan menggandeng dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk memfasilitasi petani MMEA (Minuman Mengandung Etil Alkohol) tradisional. 

Adhi Ardana Mengaku Tiga Kali ke Kementerian Bahas Arak Bali

Swastika Bali Dukung Legalisasi Arak Bali, Ini Saran Mereka ke Gubernur

“Disamping arak yang sering disalahgunakan penggunaannya, alasan kami berinisiatif untuk bersinergi dengan Pemprov Bali adalah meningkatkan kesejahteraan petani arak, tingginya konsumsi minuman beralkohol di Bali, dan minuman beralkohol masih dinominasi oleh minuman beralkohol asal impor,” ungkap Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, Sulaiman, Selasa (26/11/2019).

Sulaiman yang juga selaku plh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali Nusra menambahkan hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai yaitu memfasilitasi perdagangan dan Industri.

PHDI Dukung Arak Bali Dilegalkan, Koster Akan Berkoordinasi dengan BPOM

Lalu bagaimana skema yang bisa dilakukan agar arak Bali legal?

1. Skema Orangtua Asuh

Skema yang nantinya akan digunakan untuk memfasilitasi produksi MMEA tradisional arak, yang pertama adalah dengan skema Orang Tua Asuh.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Huda Miftachul Huda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved